Pentingnya Kelola Keuangan Dalam Rumah Tangga

1
min read
A- A+
read

Pelatihan

Pengelolaan keuangan rumah tangga sangat penting karena dapat mengatur arus keluar masuk uang sehingga dapat diketahui penggunaannya. Alokasi anggaran akan memperbaiki gaya hidup agar lebih hemat dan bermanfaat, dengan membuat prioritas pengeluaran. Disiplin alokasi anggaran akan membuat arus kas lebih sehat. Sedangkan catatan keuangan merupakan alat untuk merekam pergerakan aliran uang, karena sifat uang sangat cair, jika tidak dicatat kita mudah lupa kemana perginya uang kita. Laporan catatan keuangan berfungsi sebagai panduan seseorang terkait kondisi keuangannya. Hal ini disampaikan oleh mahasiswa KKN UNY Clarissa Khatryn Ananda Rosarie dalam sosialisasi alokasi anggaran dan catatan keuangan di depan ibu-ibu warga Ngepos, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul.

Mahasiswa prodi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNY tersebut mengemukakan perlunya pengelolaan anggaran menggambarkan kebutuhan uang dalam siklus kehidupan manusia. “Berapa banyak pun penghasilan tidak akan mencukupi jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karenanya lakukan perencanaan alokasi anggaran seketika terima penghasilan dengan berdasarkan skala prioritas” katanya, Senin (18/9). Hal yang harus diperhatikan adalah kebutuhan atau keinginan. Kebutuhan adalah hal yang sangat penting yang kalau tidak tersedia akan menghambat aktifitas produktif, sedangkan keinginan adalah hal-hal yang dapat memenuhi selera, memberi kesenangan, memberi keindahan, atau yang sejenisnya. Konsep anggaran adalah perencanaan pengaturan pengeluaran untuk pengembangan aset. Setiap kali menerima penghasilan segera sisihkan di awal untuk investasi atau tabungan untuk mencapai tujuan keuangan. Biaya hidup disesuaikan dengan berapa sisa penghasilan setelah dikurangi investasi atau tabungan dengan memprioritaskan anggaran untuk menabung atau investasi.

Menurut Clarissa Khatryn catatan keuangan cukup yang sederhana asalkan rapi dan teratur meliputi arus kas (pemasukan dan pengeluaran) dan neraca (aset dan utang). Sifat utama dalam mencatat keuangan adalah displin dan detail. Secara khusus Khatryn membidik agar bijaksana dalan berutang dimana angsuran dalam utang maksimal 30% dari penghasilan.

Menurut Ketua KKNR 8337 Ngepos Semanu Naufal Wida Taufiqurrahman kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan literasi keuangan bagi ibu-ibu warga setempat. Anggota KKNR 8337 UNY Ngepos adalah Naufal Wida Taufiqurrahman, Adinda Niken Widyasari, Ayu Hana Umi Khasanah, Clarissa Khatryn Ananda Rosarie, Dinda Nurputra Pangestu, Fazwar Ibrahim, Marshall Maylizzard Al Maudy, Tiara Ilalang Qurota Ayun Wibowo dan Zulfa Razahra Nazaresty. Salah satu peserta sosialisasi, Karmini merasa senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat menambah pengetahuan tentang pengelolaan keuangan rumah tangga.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM