Pengajian IPHI UNY di Masjid Al-Ikhlas Gunungkidul

1
min read
A- A+
read

Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Pengajian bersama Ustad Mustofa Ismail di Masjid Al-Ikhlas, Purwosari Gunungkidul (4/12). Dihadiri oleh Panewu Purwosari, Lurah Giricahyo, Dukuh Karangtengah, Takmir Masjid Al-Ikhlas, dan segenap jamaah masjid Al-Ikhlas. Dari UNY dihadiri oleh Rektor, Ketua dan Pengurus IPHI UNY, Anggota RAPIM dan anggota IPHI UNY.

Pengajian dibuka dengan alunan ayat suci Alquran Surat Al-Baqarah ayat 197-198 oleh Aisah Latif Mawarni, mahasiswi program studi D4 Akuntansi UNY dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua IPHI UNY sekaligus Dekan FMIPA, Prof. Dr. Ariswan, M.Si. “Terima kasih, atas kesediaan warga dan takmir masjid Al-Ikhlas, sehingga acara pengajian yang sudah direncanakan sejak 2 bulan yang lalu akhirnya bisa terlaksana di hari ini, semoga bisa menjadi tempat berkumpulnya para muslimin dan muslimat dalam memperdalam ilmu agama” sambutnya.

Panewu Purwosari, Wahyu Ardi Nugroho, SST., MA. mengucapkan terima kasih atas masjid wakaf dari UNY yang terletak di dukuh Karangtengah, Kelurahan Giricahyo, Kapanewon Purwosari ini. “Terima kasih kepada IPHI UNY atas wakafnya tanah dan bangunan masjid terhadap para jamaah di Karangtengah ini, dan alhamdulillah dari beberapa tempat yang kesulitan air, di masjid ini malah ada sumber air yang bisa mengairi warga di daerah sekitar masjid” paparnya. Seiring dengan arahan Gubernur DIY yang memprioritaskan pembangunan di daerah selatan, seperti JJLS yang melancarkan perjalanan dari dan ke YIA, Wahyu Ardi berharap UNY bisa ikut mendukung dan memberikan sumbangsih dalam berbagai permasalahan yang ada serta solusi terbaik bagi warga khususnya kapanewon Purwosari.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. yang mengucapkan terima kasih kepada para Senior dan seluruh Jama'ah yang berkenan hadir dalam pengajian, “Kami melanjutkan apa yang sudah diawali oleh para senior kami seperti Prof Dr. Sutrisna Wibawa yang sudah meresmikan masjid ini pada tahun 2020 lampau, dan terima kasih kepada panewu Purwosari kedepannya UNY akan mendukung dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat dalam bentuk PPM UNY” imbuhnya.

Selepas sambutan, Rektor UNY menyerahkan sertifikat tanah wakaf yang dibangun masjid Al-Ikhlas seluas 1.492m2 kepada Panewu Purwosari, yang selanjutnya disampaikan ke Lurah Giricahyo, dan diserahkan ke takmir masjid Al-Ikhlas oleh Dukuh Karangtengah.

Masuk ke acara inti, yakni pengajian yang diisi oleh Ustad Mustofa Ismail, menekankan tentang selalu bersyukur dalam menjalani kehidupan. “sebaik-baik tempat adalah masjid, sehingga kita patut bersyukur, bahwa hari ini kita sedang berada di dalam masjid, syukur itu mudah, efeknya luar biasa, Allah menjanjikan bagi orang-orang yang bersyukur dengan nikmat yang lebih banyak lagi” paparnya. Menurut beliau, baru sedikit orang yang selalu menyempatkan diri untuk bersyukur, sehingga di akhir ceramahnya, mengajak semua pada hadirin untuk bersama-sama mengucapkan doa syukur dan doa keselamatan bagi semua.

Acara ditutup oleh pembawa acara dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S. dan menyampaikan besaran infaq yang terkumpul sebanyak 13 juta yg semuanya diberikan pada Ta'mir Masjid Al-Ikhlas. Semoga dengan adanya masjid ini, dapat lebih meningkatkan iman dan takwa bagi para jamaah dan warga di sekitar masjid Al-Ikhlas.

Penulis: Prasetyo
Editor: Dr. Siswanto

IKU