Pelatihan PEKERTI Bagi Dosen UNY Tahun 2023

1
min read
A- A+
read

Dalam rangka memberikan pembekalan bagi para dosen baru terkait dengan perkembangan kebijakan pemerintah dan paradigma pembelajaran abad 21, kebijakan UNY dengan adanya perubahan UNY dari BLU ke PTNBH, dan memerlukan adanya penyamaan persepsi dan format berkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran/perkuliahan, maka UNY pada Senin (18/9) melalui Direktorat Penjaminan Mutu (DPM) menyelenggarakan pelatihan PEKERTI Bagi Dosen PTNBH, P3K, dan Tendik Alih Tugas Dosen UNY Tahun 2023.

Bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat, Direktur DPM, Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelatihan PEKERTI Bagi Dosen PTNBH, P3K, dan Tendik Alih Tugas Dosen UNY Tahun 2023 ini berjumlah 244 orang, dengan rincian dosen P3K berjumlah 63 orang, dosen PTNBH berjumlah 154 orang, dosen P3K beralih ke PTNBH berjumlah 8 orang, dan alih fungsi dari tendik ke dosen berjumlah 19 orang.

Selanjutnya Prof. Suharjana menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan PEKERTI dilaksanakan secara luring yang terbagi dalam 5 gelombang. Gelombang I (kelas A dan B) pada 17 - 22 September 2023, Gelombang II (kelas C dan D) pada 24 - 29 September 2023, Gelombang III (kelas E dan F) pada 1 - 6 Oktober 2023, Gelombang IV (kelas G dan H) pada 8 - 13 September 2023, dan Gelombang V (kelas I dan J) pada 15 - 20 Oktober 2023.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNY akan terus mengupayakan kenaikan pangkat dan jabatan, karena tidak ingin mengecewakan dengan kata penyemangat mari optimalkan kinerja.

Prof. Sumaryanto memberikan motivasi kepada para dosen baru. “Cita-cita seorang dosen harus menjadi guru besar, sehingga ada istilah publish or perish “publikasi atau mati”. Artinya kalau dosen tidak publikasi ya mati. Publikasi itu bisa nulis buku, jurnal, dll. Yang kedua, tulisan pendidikan adalah investasi peradaban, sehingga harus studi lanjut, selesaikan S3, program doktor,” pesan Rektor.

Setelah dilaksanakan pembukaan, peserta mendapatkan materi yang meliputi Materi Umum berkait dengan Sistem manajemen pendidikan tinggi PTNBH; Pembinaan Karakter Dosen; Pengembangan Riset Dosen dan Pendampingan Kemahasiswaan; Sistem Manajemen Perencanaan dan Keuangan; Pengembangan Karir dan Profesionalisme Dosen; dan Pengembangan Kerjasama dan Internasionalisasi Program Studi.

Penulis: Sudar
Editor: Prasetyo

IKU