PELAKSANAAN UTBK DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2
min read
A- A+
read

Hari Minggu kebanyakan orang merupakan hari libur, waktu untuk bersantai di rumah bersama keluarga, namun tidak demikian bagi sebagian dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta maupun peserta UTBK. Saat ini (12/7) di UNY masih berlangsung pelaksanaan UTBK yang memasuki hari kedelapan.

Pelaksanaan UTBK di UNY tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan harus aman, baik untuk peserta, panitia, maupun pengantar (wajib menggunakan masker, jaga kesehatan, jaga jarak). UNY menyiapkan fasilitas berupa tempat cuci tangan di setiap lokasi ujian. Di pintu masuk UNY dilakukan pemeriksaan suhu dan surat keterangan sehat. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dikoordinasikan oleh HSC (Health Sport Center) yang juga berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman. Setiap hari disiapkan 1 orang dokter, 2 orang tenaga paramedis, dan 1 unit mobil ambulan dari UNY.

Didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd., Kepala KLA UNY Dr. Setya Raharja, M.Pd., dan beberapa petugas lainnya, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. Direktur Jenderal DIKTI meninjau langsung pelaksanaan ujian di Pusat UTBK UNY.

Pada kesempatan tersebut, Margana melaporkan kepada Dirjen Dikti, “Ruang yang dipergunakan untuk pelaksanaan UTBK berjumlah 36 ruang yang tersebar di tujuh fakultas, Digital Library, LPMPP & LTC, dan LIMUNY UPT TIK Universitas Negeri Yogyakarta. Per sesi UNY melayani 685 peserta dengan sesi terisi penuh sejumlah 16 sesi, khusus sesi 17 hanya terisi 64 peserta, dan sampai dengan sekarang, tingkat kehadiran rata-rata 95%. Pelaksanaan UTBK di UNY berlangsung dari hari Minggu, 5 Juli 2020 sampai dengan Senin, 13 Juli 2020 (sembilan hari).”  Lebih lanjut dikatakan, “Pengawas melibatkan dosen, dan tendik. Teknisi ruang yang dilibatkan adalah teknisi dari masing-masing takultas dan unit/lembaga, sedangkan pelaksanaan monev melibatkan unsur pimpinan yang dikoordinasikan oleh Kepala  LPMPP, dilakukan secara sistem,” tambahnya.

Dilaporkan juga tentang jumlah peserta ABK, Margana menjelaskan,”Tuna netra ada 8 peserta yang dilayani pada sesi 11 di ruang khusus (Digilib Lantai 3), tuna daksa (diberikan layanan berupa disediakannya kursi roda dari panitia untuk 2 orang peserta, 1 orang bisa berjalan sendiri). Untuk tuna daksa berada di Limuny UPT TIK UNY di lantai 1, berikutnya untuk difabel tuna rungu, terdapat 2 orang peserta yang dilaksanakan di Lab Matematika Gedung IDB FMIPA lantai 2 dengan dibantu sampai langkah input token, dengan instruksi tulisan, dan 1 di LIMUNY”.

Tentang kondisi kesehatan peserta, sampai saat ini Margana menjelaskan, “Sudah terdapat 5 peserta yang terdeteksi dengan suhu di atas 37,5oC dan gejala deman, batuk, pilek, dilakukan pemeriksaan di HSC UNY dan direkomendasi untuk rapid test. Hasil rapid test dikirim ke Sekretariat Pusat UTBK UNY sebagai dasar usulan relokasi. Peserta UTBK di UNY yang diusulkan relokasi sejumlah 19 peserta, yang mengajukan 16 peserta (Lampung, Jambi, Papua Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Barat) sedangkan yang 3 orang diusulkan panitia ke LTMPT berdasarkan hasil rapid tes (non reaktif).”

Pada saat monev berlangsung, Dirjen Dikti menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras UNY dalam rangka menyiapkan segala fasilitas untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK UNY. Nizam berharap “Semoga pelaksanaan sampai dengan berakhirnya UTBK dapat berjalan dengan aman dan lancar, dengan tetap melaksanakan protokol Covid-19”. Semua protokol Covid-19 sudah diterapkan oleh UNY, ditambah dengan, “Saat berlangsungnya ujian, jendela ruang tetap dibuka agar sirkulasi udara lancar keluar masuk,” imbuh Dirjen Dikti.

Tingkat kehadiran peserta tes UTBK hari ini dari total 1.370 peserta sesi 27 dan 29, yang hadir sejumlah 1.295 peserta atau 94,5%. Dengan berakhirnya sesi ujian hari Minggu ini, Setya Raharja mengapresiasi kinerja pengawas, teknisi, maupun panitia, ”Terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak, secara umum pelaksanaan UTBK hari ini berjalan tertib, lancar dan aman”. Ditambah lagi, “Semua pihak bekerja dengan baik sesuai standar protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19” pungkasnya. (Sud).