Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) Selenggarakan Studium Generale dan Pentas Wayang Kolaborasi bagi Mahasiswa Baru

1
min read
A- A+
read

Selasa (18/10) diselenggarakan Studium Generale oleh Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Mengangkat tema “Inovasi Penciptaan Kewirausahaan Mahasiswa di Era Digital Berbasis Budaya Lokal”, dengan Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. dan Arwan Nur Ramadhan, M.Pd. sebagai pemateri, dengan dimoderatori oleh Prof. Dr. Suwarna, M.Pd. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh Pentas Wayang Kolaborasi: “Gathutkaca Winisudha” dengan Dalang Trio ABS (Alfian Anggoro, M.Pd., Erlangga Betrant Pashandaru, Sayang Ayu Setiani, S.Pd.). Pada kesempatan ini, mahasiswa mengikuti acara Studium Generale secara luring di Performance Hall FBS UNY dan juga beberapa mahasiswa hadir secara daring. Selain itu dihadiri juga oleh para tamu undangan serta perwakilan dari Livin by Mandiri selaku sponsorship. 

Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum., Dekan FBS UNY, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Stadium Generale pada tahun 2022 ini dilaksanakan dengan istimewa dan khas. “Kepala Dinas Kabupaten Sleman menawarkan ide agar kesenian dan pertunjukkan wayang kulit ini bisa dilestarikan dan dikembangkan. Kemudian peluang ini diolah agar bisa masuk dihati remaja, mahasiswa, dan para orangtua. Hal tersebut dikolaborasikan dengan kegiatan Stadium Generale yang membahas dengan kewirausahaan. Diharapkan pertunjukkan wayang kulit ini bisa menjadi dekat dengan masyarakat,” ujar Ibu Dekan FBS.

Edy Winarya, S.Sn., M.Si., Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kerjasama dengan Fakultas Bahasa dan Seni UNY dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. Beliau menceritakan pengalamannya dahulu semasa menjadi mahasiswa FBS UNY, bahwa Auditorium FBS UNY menjadi saksi bisu perjalanan semasa kuliah. “Orang yang mencintai kebudayaan dengan orang yang tidak mencintai kebudayaan porsinya jauh. Pemerintah kalau tidak sensitif mengenali implementasi nilai-nilai, dikhawatirkan generasi tidak akan merasakan nilai-nilai luhur yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarya yang memiliki julukan Istimewa”, ujar Edy Winarya.

Arwan Nur Ramadhan yang merupakan salah satu dosen Fakultas Ekonomi UNY memberikan beberapa tips dan trik bagi para mahasiswa yang akan ataupun sedang memasuki dunia kewirausahaan. “Yang harus disiapkan ketika ingin menjadi wirausaha adalah berada di lingkungan para wirausaha. Kalau ingin wangi ya dekat dengan penjual minyak wangi. Yang ingin usaha ya dekati wirausaha, dan jadikan beliau-beliau mentor dan jadikan pengalamannya sebagai pembelajaran,” ujar Arwan. 

Prof. Suyanto selaku Rektor Universitas Amikom yang merupakan salah satu sosok inspiratif dengan segudang perjalanan dan pengalamannya, termasuk dalam memajukan dan mengembangkan Amikom menjadi Perguruan Tinggi Komputer terbaik di Indonesia, memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk selalu optimis dalam menjalani hidup. Rektor Amikom juga memberitahu kepada audience bahwa kunci sukses adalah memiliki sikap mental positif, menjadi beda (unik, berani ambil langkah memulai bisnis tanpa uang, dan terima kegagalan (sebagai pembelajaran). “Hilangkan egomu, terbarkan kasih sayang,” pungkas Prof. Suyanto.

Sebagai rangkaian dari Studium Generale, kemudian disuguhkan pentas wayang kulit yang dibawakan oleh tiga dalang berbakat dari UNY. Selain Trio ABS, pertunjukkan juga diiringi dua sinden cantik dan belasan niyaga. Kemudian ditutup dengan musik dari Band Seni Musik FBS UNY. 

Penulis: Dew
Editor: Prasetyo

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus