ORIENTASI AKADEMIK PROGRAM PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 4 TAHUN 2020

1
min read
A- A+
read

ORIENTASI AKADEMIK PROGRAM PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 4 TAHUN 2020

Berpusat di studio LPMPP UNY sebagai tempat untuk memandu forum virtual orientasi akademik, Jum’at (4/9), kembali dilaksanakan  upacara pembukaan “Orientasi Akademik Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2020 yang pada kesempatan ini sudah berlangsung untuk angkatan ke 4.

Koordinator Program PPG UNY Drs. Suyud, M.Pd.,  menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah membekali dan memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang pengembangan profesioalisme guru, tantangan menjadi guru profesional ke depan, mengenalkan kurikulum dan sistem pembelajaran serta learning management system dalam pembelajaran PPG dalam Jabatan Tahun 2020. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan  dilaksanakan secara virtual, rangkaian kegiatan perkuliahan sampai dengan evaluasi/uji kompetensi PPG Dalam Jabatan Angkata 4 Tahaun 2020 ini dimulai 7 September sampaikan dengan 11 Desember 2020 yang semuanya dilaksanakan secara full online. Peserta yang mengikuti  kegiatan ini sejumlah 254 orang mahasiswa.

Selanjutnya, Suyud mengharapkan, “Semoga peserta orientasi ini dapat mengikuti pembelajaran secara serius dan sungguh-sungguh, dan mengucapkan selamat mengikuti, karena setelah nantinya mengikuti rangkaian kegiatan dan dinyatakan lulus, maka Bapak/Ibu akan menjadi guru yang profesional di bidangnya.”. Kunci untuk sukses itu ada 3 S, yaitu semangat, semangat dan semangat,  karena  full daring sehingga harus semangat. Mulai besok sampai dengan uji kompetensi itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh penuh dengan semangat.

“Guru profesional adalah guru yang diidam-idamkan oleh bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Profesional setidaknya mengandung tiga cakupan materi, yang pertama keahlian, kedua mengandung pertanggungjawaban, dan yang ketiga kesejawatan.” Kata Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dalam sambutan sekaligus membuka orientasi akademik ini.

“Tugas guru menurut Sutrisna adalah Mengajar dan Mendidik, disinilah akan ada transfer of knowlegde dan transfermation of values, sehingga akan terbentuklah paradigma, sikap – perilaku, dan internalisasi nilai-nilai, “tambah Sutrisna.
Lebih lanjut Sutrisna mengungkap tentang karakter guru dan keunggulan siswa, bahwa,”Lulusan yang unggul itu jika kreatifitas dan inovasi bisa dikembangkan oleh para guru, sehingga cara mengajar ini harus kita ubah untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi anak didik kita.

Dibagian berikutnya, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menyampaikan tema Pembelajaran berbasis Heautagogy, yang diawali dengan mengambil kutipan dari Ali bin Abi Thalib bahwa, “Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian.”

Peserta yang terlambat mengikuti  orientasi ini dapat mengikuti via youtube pada laman YouTube  (Sud).