ORIENTASI AKADEMIK PPG PRAJABATAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2020

1
min read
A- A+
read

ORIENTASI AKADEMIK PPG PRAJABATAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2020

Drs. Suyud, M.Pd. selaku Koordinator Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Yogyakarta,  menyampaikan dalam forum virtual ini,  bahwa pelaksanaan orientasi akademik PPG  Prajabatan Tahaun 2020 ini dilaksanakan selama dua  hari, Senin dan Selasa (14-15 September 2020). Materi yang disajikan terdiri dari 2 materi yaitu orientasi di tingkat LPTK dan orientasi di tingkat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Dasar Kemendikbud.Perkuliahan untuk PPG Prajabatan akan berlangsung  selama 2 semester atau 10-11 bulan.

Tujuan daari kegiatan orientasi akademik ini, “Untuk memberikan pembekalan dan wawasan para mahasiswa tentang program PPG Prajabatan, yang kedua memberikan wawasan tentang pengembangan dan tantangan menjadi guru profesional di era Revolusi Industri 4.0. yang ketiga memberikan wawasan bagaimana mengelola pendidikan di era melinial dan era digital, dan keempat adalah memberikan pemahaman tentang kurikulum PPG Prajabatan dan sistem pembelajarannya, serta kelima mengenalkan dan memberikan bimbingan teknis learning management system dalam pembelajaran PPG Prajabatan,” kata Suyud.

Sebagai peserta kegiatan ini adalah mahasiswa mandiri yang pertama ini hanya untuk program studi guru kelas Sekolah Dasar, sebanyak 139 orang yang mengikuti kegiatan ini dan terbagi dalam 5 rombongan belajar. Sebaran peserta berasal dari 17 perguruan tinggi, antara lain dari UNY, Unnes Semarang, UNS, UPY, UPI, UST, UAD, UM Purwokerto, USD, dll

Dalam sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. mengucapkan terima kasih kepada peserta PPG Prajabatan yang telah memilih UNY sebagai tempat untuk pelaksanaan PPG Prajabatan ini. UNY  saat ini telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan, menjadi universitas klaster I di Indonesia dan untuk LPTK berada di peringkat I.Secara nasional UNY berada diperingkat 12 dari 15 perguruan tinggi klaster I unggul. Anda tidak salah pilih ketika memilih UNY sebagai tempat untuk PPG Prajabatan ini.

Selanjutnya memohon kepada peserta untuk secara suntuk dan serius mengikuti berbagai kegiatan yang sudah dirancang oleh program studi Program Profesi Guru (PPG). “Saya percaya bilamana Anda mengikuti secara suntuk dan serius, maka keberhasilan pasti akan Anda peroleh, sebaliknya bila tidak serius, maka sulit untuk mencapai  keberhasilan,” pesan Sutrisna.

Guru itu adalah pekerjaan profesional, sama dengan lawyer, akuntan, dokter, insinyur ini adalah pekerjaan profesional dan konsekuensi dari pekerjaan profesional itu maka harus  mengikuti pendidkan profesi. Ada tiga indikator seseorang disebut profesional dalam bidangnya. Yang pertama menurut Sutrisna, “Memiliki keahlian. Anda seorang guru (PGSD), maka anda harus mendalami dan menguasai ilmu tentang itu, nanti akan dilihat Anda ahli tidak bila dibandingkan dengan yang tidak memiliki pendidikan tentang ilmu tersebut Sehingga PPG ini membentuk pribadi Anda, supaya ahli.”

Yang kedua menurut Sutrisna, “Adalah tanggung jawab, merupakan panggilan jiwa. Sehingga bertanggungjawab dan merupakan panggilan jiwanya untuk mengembangkan profesi ini.”
Sedangkan yang ketiga adalah, “Kesejawatan, dikembangkan melalui organisasi profesi misalnya PGRI yang bertujuan mengembangkan keterampilan profesinya,” terang Sutrisna. (sud)