AMAN DAN LANCAR PELAKSANAAN SELEKSI MANDIRI JALUR CBT KAMPUS

1
min read
A- A+
read

AMAN DAN LANCAR PELAKSANAAN SELEKSI MANDIRI JALUR CBT KAMPUS

“Alhamdulillah, aman dan lancar,”kata Dr. Setya Raharja, M.Pd., Ketua Admisi UNY disaat berakhirnya Seleksi Mandiri Jalur CBT kampus. Pelaksanaan CBT Kampus yang dimulai dari tanggal 6 Agustus, dan berakhir hari ini Senin, 10 Agustus 2020 diikuti sebanyak 2041 peserta yang mendaftar namun ada sebanyak 48 peserta tidak hadir, sehingga terdapat 1993 peserta yang hadir mengikuti pelaksanaan tes, dengan kata lain 98% yang hadir. Dari total tersebut, animo peminat terbanyak pada 10 besar terdapat dapat pada prodi, yaitu: Manajemen, Psikologi, Ilmuu Komunikasi, PGSD, Akuntansi, Teknologi Informasi, Pendidikan Matematika, Teknik Sipili, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pelaksanaan CBT  kampus melibatkan tetap melibatkan dosen dan tenaga kependidikan.

Dengan mempergunakan ruang laboratorium komputer di LIMUNY UPT TIK UNY, LPMPP, dan Fakultas Ekonomi, CBT kampus terselenggara dengan aman dan lancar walaupun di masa Pandemi Covid-19. Hal ini karena memang sudah diantisipasi dari awal, baik itu ketersediaan fasilitas yang menunjang pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19, seperti tempat cuci tangan, spanduk himbauan pelaksanaan protokol kesehatan, maupun dicantumkannya tata tertib yang berhubungan dengan protokol kesehatan Covid-19 di kartu peserta ujian.

Seperti yang dikatakan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs. Setyo Budi Takarina beberapa waktu yang lalu,”Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19, Pelaksanaan CBT di UNY tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19  baik untuk peserta, panitia, maupun pengantar (wajib menggunakan masker, jaga kesehatan, jaga jarak).” Tidak hanya himbauan, tetapi lebih lanjut Setyo mengatakan, “Pengantar peserta CBT hanya sampai di area drop off yang sudah ditentukan. Bagi peserta yang saat dicek suhunya di atas 37,5oC akan diarahkan ke HSC untuk dilakukan rapid test” imbuh Setyo.

Sejalan dengan hal itu, Manajer HSC (Health Sport Center) dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S. ketika berkunjung di Kantor Layanan Admisi beberapa waktu yang lalu mengatakan, “Di pintu masuk UNY dilakukan pemeriksaan suhu dan surat keterangan sehat. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dikoordinasikan oleh HSC yang juga berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman. Disiapkan 1 orang dokter, 2 orang tenaga paramedis, dan 1 unit mobil ambulan dari UNY,”jelasnya.

Berbagai model seleksi yang digunakan dalam rekrutmen mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Mandiri, meliputi prestasi akademik, prestasi unggul, talent scouting, skor UTBK SBMPTN, CBT Kampus, CBT Domisili, Prestasi Olahraga Unggul, CBT Kerjasama, Portofolio Luar Negeri. Informasi lebih lanjut dapat diakses di pmb.uny.ac.id baik tentang prosedur, jadwal, maupun info-info lainnya yang relevan. (Sud).