OLAHRAGA MERUPAKAN AKTIVITAS YANG SANGAT DISARANKAN DITENGAH PANDEMI

2
min read
A- A+
read

webinar Gerakan hidup sehat

Peristiwa Corona Virus yang sedang melandah dunia ini, maka mau tidak mau manusia terus bergerak mencari ilmu pengetahuan dalam berbagai metode yang bisa menunjang manusia tersebut, untuk mendapatkan berbagai informasi dalam menjaga kesehatan ditengah masa pendemik terkhususnya dalam menjaga imunitas tubuh melalui aktivtas melalui olahraga dan pola makan sehat. Corona virus mengakibatkan seseorang serba terbatas dalam berbagai aktivitas termasuk dalam berolahraga, oleh karena itu melalui webinar kesehatan kedua ini para peserta akan mendapatkan tips berbagai metode aktivitas olahraga dan kesehatan mental di masa pendemi yang akan diberikan oleh para narasumber atau pemateri yang ahli dibidangnya masing – masing. Berolahraga merupakan aktivitas yang sangat disarankan oleh badan kesehatan dunia (WHO) untuk menjaga kestabilan imunitas dimasa pendemik ini sehingga seseorang tidak muda terserang penyakit “(Covid19)”, karena melalui aktivitas berolahraga yang cukup akan memberikan dampak positif bagi seseorang untuk mendapatkan  sistem kekebalan tubuh yang baik.

Dalam menjawab kebutuhan dari masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan tubuh melalui aktivitas olahraga dan kesehatan mental di masa pendemi, maka KMP (keluarga mahasiswa pascasarjana) melalui bidang minat bakat melakukan Webinar yang kedua dengan tema “Gerakkan Hidup Sehat Melalui Kebugaran Fisik dan Kesehatan Mental Di Masa Pendemi Covid-19” dimana kegiatan webinar ini dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2020 pukul 10.00 – 12.45 WIB melalui live zoom. Dalam sambutan ketua panitia Amira Adlina Ulfah, S.Pd , mengatakan bahwa kegiatan webinar kesehatan yang kedua ini sangat penting dan sangat berguna bagi seluruh peserta yang mengikuti, hal ini terlihat dari benyaknya antusias dari para peserta untuk mengikuti webinar nasional kedua, Amira juga mengatakan bahwa peserta yang mengikuti webinar kali ini sangat banyak bahkan ada  beberapa peserta yang ingin mendaftar namun link pendaftarannya sudah ditutup oleh pihak panitia. Ungkapnya lagi Jumlah peserta pada seminar kesehatan kedua adalah 251 peserta dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, semoga ilmu yang diberikan oleh para pemateri/narasumber bermanfaat bagi peserta maupun para panitia penyelenggara.

Webinar nasional kesehatan kedua ini bertujuan untuk memberikan tips dan bagaimana pentingnya dalam menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan mental dimasa pendemi, hal ini disampaikan oleh ketua umum KMP  Rudi Hermawan, S.Pd, dan webinar kesehatan kedua ini dibuka secara resmi oleh direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Suyanta, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa “webinar ini sangat penting bagi kita semua karena para pemateri/narasumber yang dihadirkan oleh teman – teman panitia merupakan ahli dibidang masing – masing sehingga perlu untuk mengikutinya dengan baik sehingga para peserta mendapatkan ilmu tentang cara menjaga kesehatan fisik melalui aktivitas olahraga dan kesehatan mental.

Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes. selaku narasumber di ahli nutrisi olahraga berpendapat bahwa olaharag tanpa asupan nutrisi yang tidak cukup maka akan mengakibatkan seseorang mengalami kelelahan, yang akan mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, oleh karena itu perlu adanya keseimbangan antara aktivitas olahraga dan asupan nutrisi, sehingga terciptanya kesehatan yang ideal. akhir dari pemaparan materi Prof Djoko memberikan tips kepada seluruh peserta untuk dijadikan pedoman dalam melakukan aktivitas olahraga dimasa pendemi. Kemudian dr. Teuku Ilhami Surya Akbar, M. Biom selaku narasumber kedua mengatakan bahwa kesehatan mental merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh, dr.  Teuku Ilhami juga menambahkan ilangkan rasa kecemasan yang berlebihan, melakukan aktivitas yang tidak membosan dan selalu berada dalam pikiran – pikiran yang tidak mendatangkan stress, dan akhir dari pemamaparan materi dr. Teuku Ilhami memberikan tips bagi peserta untuk menjaga kesehatan mental agar selalu hidup sehat dalam masa pendemi covid19. (rud/ant)