Menpora Lantik Pengurus APKORI Periode Tahun 2022-2026 di UNY

1
min read
A- A+
read

Jumat (21/10) bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Prof. Dr. Zainudin Amali, M.Si. melantik pengurus Asosiasi Profesor Keolahragaan Republik Indonesia (APKORI) periode 2022-2026. Kegiatan ini merupakan rangkaian lawatan Menpora RI ke UNY, setelah sebelumnya diawali dengan kegiatan senam pagi bersama civitas akademika UNY dan juga dari siswa-siswa sekolah yang berada di sekitaran UNY, kemudian menjadi penguji utama dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor di Prodi Ilmu Keolahragaan.

APKORI merupakan organisasi resmi yang sudah mendapatkan Surat Keputusan dari Kemenkumham RI Nomor 01 Tahun 2022, dengan kepengurusan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dengan Ketua terlantik Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. dari UNESA, Wakil Ketua Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. dari UNY, Sekretaris Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. dari UNNES, Wakil Sekretaris Prof. Dr. Soni Nopembri, Ph.D. dari UNY, Bendahara Prof. Dr. Adang Suherman, M.A. dari UPI, dan Wakil Bendahara Prof. Dr. Hasmyati, M.Kes. dari UNM. Selain struktur pimpinan tersebut, juga ada Dewan Pembina, Dewan Penasehat, dan juga Bidang organisasi terkait kelembagaan.

Selepas melantik kepengurusan APKORI, Menpora RI dalam sambutannya mengapresiasi akan terbentuknya organisasi ini, dikarenakan di bidang olahraga yang paling komplit organisasi dan atau asosiasinya selama ini. Tak lepas, beliau menitipkan pesan dan arahan ke pengurus APKORI terlantik "Nah, sekarang, tugas para profesorlah, yang ikut memikirkan, bagaimana terkait atlet Indonesia yang harus bisa bersaing dengan negara lain, dari pola makan dan gizi, berkolaborasilah dengan bidang-bidang yang ahli dalam hal tersebut, sehingga bisa menemukan solusi dan nutrisi yang bisa diterapkan pada atlet-atlet kita nantinya" imbuh Prof Amali.

Acara pelantikan ditutup dengan foto pengurus APKORI yang telah dilantik bersama  Menpora RI, dan setelah ISHOMA, para pengurus APKORI langsung bergerak cepat (Gercep, seperti yang digencarkan UNY) melangsungkan Rakernas perdana untuk menyusun deklarasi untuk berkontribusi dalam mendukung implementasi desain besar olahraga nasional yang diprogramkan oleh Kemenpora RI.
 

Penulis: Prasetyo
Editor: Yuyun

IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat