MAHASISWA UNY RAIH SILVER MEDAL DALAM KOMPETISI IICYMS 2021

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY RAIH SILVER MEDAL DALAM KOMPETISI IICYMS 2021

Kolaborasi mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  dan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih Silver Medal pada International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS). Para mahasiswa tersebut yaitu Faiz Ilham Pratama (Pendidikan Kimia) sebagai ketua tim, Dwi Nurul Fajriyah (Kimia), Fiyola Mayangsari (Kimia), Fadila Nafiri Arif dan Eka Nurrohmah R. Pendidikan Bahasa Inggris).

Faiz mengatakan, IICYMS  merupakan kompetisi karya ilmiah tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung. Kompetisi ini merupakan salah satu dari kompetisi karya ilmiah yang besar di Indonesia. Pada tahun ini, IICYMS dilaksanakan tanggal 1–4/7/21 secara daring melalu Zoom Cloud Meeting.

“Upacara pembukaan IICYMS 2021 dilaksanakan 1/7/21, dilanjutkan presentasi karya pada 2–3/7, dan diakhiri dengan awarding ceremony pada 4 Juli. IICYMS 2021 diikuti oleh 155 tim yang terdiri dari 13 negara yaitu Indonesia, India, Iraq, Malaysia, Macedonia, Maroco, Mesir, Turki, Pakistan, Azerbaijan, Qatar, Kazakhstan, dan Yaman. Sedangkan untuk dewan juri berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Turki”, Lanjutnya.

Faiz mengungkapkan, timnya berhasil mendapatkan silver medal kategori environtmental science pada ajang kompetisi karya ilmiah tingkat internasional IICYMS 2021. Salah satu tim dari Univerisitas Negeri Yogyakarta ini mengajukan karya dengan judul Nano Biopesticide Formulation of Neem (Azadirachta indica) Leaf Extract as an Alternative Effort to Control Leaf Borer.  Dengan adanya prestasi yang diterima beberapa mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta ini diharapkan bisa memberikan motivasi mahasiswa untuk bergerakmelakukan penelitian ilmiah, berkontribusi mewujudkan inovasi dan kreativitas bagi kehidupan bermasyarakat. (witono)