Mahasiswa UNY Antusias Ikut Workshop Bimbingan Karir

Dalam rangka untuk menyiapkan lulusan yang dapat bersaing dalam dunia kerja, Subdit Bimbingan Karir dan Alumni Direktorat AKA, yang berada di bawah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (AKA) menggelar Workshop Tematik Bimbingan Karier Seri I dengan tema: “Workshop Bimbingan Karier Seri #1 Mahasiswa UNY  Tingkat Akhir”.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto,M.Kes., beserta para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan, serta para Wakil Dekan seluruh fakultas di UNY, dari Indoprima Gemilang sebagi salah satu mitra kerja UNY hadir Yuanita Agata. T. (Human Capital Asst. Manager), Fanel Johana Leda (Talent Acquisition staff), dan Naila Cahayani Putri (Talent Acqusotion Staff)

PT Indoprima Gemilang sendiri adalah Perusahaan besar yang berdiri sejak 1976 yang memproduksi berbagai komponen otomotif seperti wiring, harness, kabel baterai, saklar kombinasi, lapisan rem, saklar pengapian, dan lain sebagainya. Selain itu juga membuat komponen truk heavy duty untuk berbagai pperusahaan manufaktur otomotif Internasional seperti, Daihatsu, Hino, Honda, Isuzu, Yamaha, dan masih banyak lagi.

Rektor UNY, Profesor Sumaryanto Ketika memberikan sambutan mengatakan bahwa UNY selalu siap menyediakan SDM unggul untuk bersaing dalam dunia kerja. Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa salah satu bukti UNY selalu berkomitmen dalam bidang peningkatan SDM  adalah dengan memfasilitasi seluruh Dosen, Tendik, dan mahasiswa untuk bisa studi lanjut.

“Saya dapat memastikan bahwa lulusan dari UNY sudah mempunyai skill yang tinggi sesuai dengan minat, bakat, serta kemampuan,”ujar Profesor Sumaryanto.

Yuanita Agata selaku narasumber dari PT Indoprima Gemilang bahwa saat ini terdapat 3, 6 JT pengangguran di Indonesia, dan PT Indoprima Gemilang ingin erlibat aktif untuk mebgurangi angka pengangguran tersebut salahsatunya dengan membuka banyak lowongan pekerjaan bagi sarjana sesuai dengan bidangnya.

Ia menambahkan untuk bisa lulus seleksi dan bisa bergabung dengan perusahaanya ada beberapa tips, antara lain, kuasai bidang keilmuan dan terus beelajar, implementasikan ilmu melalui program magang yang sesuai ilmu dan minat, latih kemampuan kerja sama dan leadership, serta yng terakhir adalah ikut pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kompetensi.

Selain itu para mahasiswa yang hendak melamar pekerjaan juga bisa melakukan riset terkait posisi dan Perusahaan yang akan dituju, menyampaikan kontribusi konkret yang bisa ditawarkan, dan melakukan evaluasi terhadap proses seleksi yang sudah dilalui.

Acara pada siang hari ini diakhiri dengan langsung melakukan interview bagi mahasiswa yang sudah terdaftar dan berminat mengikuti seleksi sebagai karyawan di PT Indoprima Gemilang.

Penulis
Khairani Faizah
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU