MAHASISWA BK JUARAI LOKOPEDIA

1
min read
A- A+
read
MAHASISWA BK JUARAI LOKOPEDIA

Tim mahasiswa Bimbingan Konseling dari Universitas Negeri Yogyakarta (BK UNY) meraih juara ke-1 dalam lomba Bimbingan dan Konseling antar mahasiswa Bimbingan dan Koseling Tingkat Nasional  (LOKOPEDIA) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Hima PBB), bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY), Sabtu (4/5). Disusul peringkat kedua Unnes dan peringkat ketiga UNJ.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FIP UNY, diikuti sebanyak 5 (final) utusan Perguruan Tinggi yang sebelumnya telah dijaring dari 21 PTN peserta LOKOPEDIA. Kegiatan yang sudah digelar pada tahun ketiga ini bertujuan sebagai sarana mewujudkan kreatifitas, wawasan, keterampilan dan keprofesionalan dalam kompetisi kemahasiswaan Bimbingan dan Konseling (BK). Selain itu juga untuk memperluas, memperdalam, menerapkan serta mengembangkan sumberdaya mahasiswa BK serta memfasilitasi mahasiswa BK di seluruh Indonesia dalam mengaktualisasikan ilmu BK.

UNY mengiriman 1 tim yang terdiri dari 8 mahasiwa BK (Ridwan Kurniawan BK B 2016, Febrian Eka Setiawan BK B 2016, Yusuf Agung Nugroho BK B 2017, Ade Yusuf BK B 2017, Tasya Apriani Nur Khasanah BK B 2016, Renika Sari BK B 2016, Salma Salsabila Hasna BK A 2018, Fenny Kartika BK A 2018). Tasya selaku Ketua regu menjelaskan bahwa dalam pemilihan tim sengaja melibatkan berbagai angkatan sehingga ke depan akan terus berlanjut regenerasi dalam berbagi ilmu.

“Sebenarnya mata kuliah ysng relevan dengan lomba ini baru diberikan pada saat semester lima, namun kami sengaja melibatkan adik-adik tingkat dengan harapan karena sudah punya pengalaman sehingga harapan kami bisa estafet memberikan prestasi untuk UNY, selain itu semua yang pernah menjadi peserta lomba ini akan memiliki tanggung jawab untuk senantiasa membimbing adik-adik angkatannya kelak sehingga usai lomba tidak lepas tangan begitu saja,” urai Ketua Kelompok, Tasya.

Lanjutnya, dalam menyiapkan lomba bertema mewujudkan sinergitas mahasiswa BK yang responsif, kontributif, dan progesif tersebut tidak banyak kendala berarti. Selain disiplin waktu dalam berlatih, tema yang digagas sudah sangat umum seputar permasalahan remaja.(rew)