LANCAR DAN AMAN, PELAKSANAAN RELOKASI UTBK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

1
min read
A- A+
read

PELAKSANAAN RELOKASI UTBK UNY

Pusat UTBK Universitas Negeri Yogyakarta  mendapat amanah dari LTMPT untuk menyelenggarakan Relokasi UTBK, pada hari Kamis, 30 Juli 2020. Berdasarkan keterangan dari Ketua Kantor Layanan Admisi Dr. Setya Raharja, M.Pd. menyampaikan bahwa peserta relokasi UTBK yang pelaksanaan di Pusat UTBK UNY berjumlah 326 peserta. Peserta relokasi berasal dari UNY dan limpahan dari berbagai perguruan tinggi, yakni dari UGM, Untidar Magelang, Unpad Bandung, UNS Solo, ISI Yogyakarta, UPN Jawa Timur. Dilihat dari sebaran asal provinsi peserta yakni dari Prov. Jawa Timur terbanyak dengan jumlah 198 peserta, diikuti Jawa Tengah: 92 peserta, Jawa Barat:  27 peserta, DIY: 25 peserta, DKI Jakarta: 13 peserta, Banten: 9 peserta, dan masing-masing peserta 1 orang dari Maluku dan Sulawesi Tenggara.

Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum. M.A mengingatkan,” Pelaksanaan Relokasi UTBK di UNY tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19  dan harus aman baik untuk peserta, panitia, maupun pengantar (wajib menggunakan masker, jaga kesehatan, jaga jarak).” Lebih lanjut dikatakan, “UNY menyiapkan fasilitas berupa tempat cuci tangan di setiap lokasi ujian.

Pengantar peserta Relokasi UTBK hanya sampai di area drop off yang sudah ditentukan di masing-masing pintu masuk,” imbuh Margana. Sejalan dengan hal itu, dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S. selaku manajer HSC (Health Sport Center) ketika berkunjung di Kantor Layanan Admisi mengatakan, “Di pintu masuk UNY dilakukan pemeriksaan suhu dan surat keterangan sehat. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dikoordinasikan oleh HSC yang juga berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman. Disiapkan 1 orang dokter, 2 orang tenaga paramedis, dan 1 unit mobil ambulan dari UNY.

Untuk mendukung Pelaksanaan Relokasi UTBK, pelayanan dipusatkan di Posko LPMPP lantai 1, demi mendekatkan dengan peserta agar pelayanan lebih optimal,” jelasnya. Pelaksanaan Relokasi UTBK mempergunakan18 ruang laboratorium komputer yang dimiliki UNY, yang tersebar di FMIPA, Digital Library, LPMPP, dan LIMUNY UPT TIK Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan pengawas yang dilibatkan sejumlah 18 orang dengan melibatkan dosen, dan tendik. Teknisi ruang yang bertugas sejumlah 18 orang. Sedangkan Penanggung Jawab Lapangan (PJL) 2 orang, dan  Wakil Penanggung Jawab Lapangan (WPJL) sejumlah 2 orang.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Bpk/Ibu PJL, WPJ, Pengawas, Teknisi, serta semua Bpk/Ibu petugas UTBK SBMPTN (Relokasi) pada hari ini, sehingga pelaksanaan relokasi UTBK UNY berjalan sesuai yang diharapkan, lancar dan aman,” kata Setya Raharja. Dari total jumlah peserta yakni 326 menurut Setya Raharja, yang hadir sejumlah 237 peserta atau 72,7%, dan hasil ujian sudah berhasil diupload ke server LTMPT. (Sud).