Kunjungan Universitas Negeri Makassar ke Universitas Negeri Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Makassar (UNM) Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Benchmarking Tata Kelola yang ada di UNY. Kunjungan dilaksanakan pada Jumat (9/9) di Ballrom 2 Hotel UNY. Rombongan UNM terdiri dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Ketua Satuan Pengawas Internal, Kepala Biro Adminisrasi Perencanaan dan Kerjasama, Koordinator bidang Kerjasama, SubKoordinator bidang Perencanaan, dan beberapa staff pendukung.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNM Dr. Ir. M. Ichsan Ali, M.T. mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui lebih banyak tentang tata kelola yang ada di UNY. “Kami ingin lebih dalam mengetahui, mempelajari tentang bagaimana pengelolaan database, pengembangan sistem terkait perencanaan, maturity, juga kiat-kiat dan tips dalam peraihan IKU, dimana UNY menempati peringkat 2 di Liga IKU” kata Ichsan Ali. Dengan kunjungan ini diharapkan ada hal-hal lain yang perlu disinergikan untuk kemudian dapat ditingkatkan dan diperbaharui sehingga UNY dan UNM bisa saling mendukung dan berkembang bersama.

Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY sangat menyambut baik adanya benchmarking dari UNM ke UNY "Saya sangat senang bertemu dengan saudara seperjuangan eks-IKIP dari jauh sekali ini, ini tidak bisa kalau hanya sekali, karena pertemuan di hari ini hanya sebagai kunci, untuk membuka potensi kedepannya yang lebih besar antara kedua universitas, hingga menjadi juara bersama nantinya".

Paparan dari UNY diawali dengan sambutan Ketua SPI Abdullah Taman S.E., M.Si., Ak. terkait peran SPI dalam pengawasan perancanaan dan pengembangan IT, dilanjutkan presentasi capaian UNY dalam liga IKU selama tahun 2018-2022 yang disampaikan oleh Pokja bidang Perencanaan UNY, RR. Indah Mustikawati S.E., M.Si.Ak. Kebutuhan akan data, manajemen basis data yang terintegrasi antar sistem di UNY disampaikan oleh Kepala UPT TIK Dr. Priyanto, M.Kom. Paparan terakhir disampaikan oleh Kepala Biro UPK Sukirjo,M.Pd. yang membuka diskusi antar bagian terkait perencanaan, dan juga kerjasama.

Dalam diskusi kunjungan tersebut Universitas Negeri Makassar dan UNY saling bertukar pengalaman dan berdiskusi tentang apa yang ada dalam perguruan tinggi masing-masing. Diharap dengan adanya benchmarking ini, kedua universitas dapat bersinergi dan saling mendukung dan berkembang bersama untuk menjadi juara kedepannya. Kegiatan diakhiri dengan pertukaran cenderamata dan foto bersama.

Penulis: Pras
Editor: Yuyun