KMSP UNY Selenggarakan Workshop PROTEFL

1
min read
A- A+
read

Workshop

Keluarga Mahasiswa Sekolah Pascasarjana (KMSP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menyelenggarakan Workshop ProTEFL. Kegiatan workshop batch pertama di tahun 2023 ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom belum lama ini. Workshop ProTEFL ini merupakan program yang disusun oleh KMSP UNY bekerjasama dengan Unit Layanan Bahasa UNY untuk memfasilitasi dan membekali para mahasiswa yang akan mengikuti Tes ProTEFL sebagai salah satu syarat kelulusan di UNY.

Kegiatan workshop ini diawali dengan sambutan dari Tifani Yuliyana,S.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Roni Eka Rahmat, S.Pd. selaku Ketua Umum KMSP yang sekaligus membuka resmi kegiatan Workshop ProTEFL Batch 1 di tahun 2023 ini. Dalam kesempatan ini pula, Suhaini Muhammad Saleh, M.A selaku coordinator layanan Bahasa SPS UNY menjadi narasumber yang menyampaikan materi workshop seputar TOEFL.

Secara keseluruhan, materi yang disajikan oleh narasumber dibagi menjadi 3 (tiga) topik utama sesuai isi dalam tes TOEFL dan dipaparkan dalam 3 (tiga) berbeda, yakni Listening pada workshop hari pertama, kemudian hari kedua dilanjutkan dengan Structure and Written Expression, dan ditutup dengan materi Reading Comprehension pada hari ketiga. Pemaparan materi oleh narasumber dibuka dengan sedikit teori, dan dilanjutkan membedah contoh-contoh soal yang biasa ada dalam tes TOEFL. Sesi ini melibatkan para peserta secara interaktif untuk memberikan jawabannya langsung, menanggapi dan juga bertanya kepada pemateri. Tak lupa juga pemateri menyampaikan tips dan trik yang bisa diterapkan para peserta ketika mengikuti tes ProTEFL.

Workshop ProTEFL ini melibatkan peserta sebanyak 105 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di lingkungan UNY. Setelah mengikuti workshop selama 3 (tiga) hari, khusus para peserta yang memilih mendaftar sekaligus untuk mengikuti tes melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan Tes ProTEFL secara daring pada Senin (6/3). Kegiatan Tes ProTEFL ini diselenggarakan langsung oleh Unit Layanan Bahasa UNY sebagai lembaga yang berwenang melaksanakan tes.

Penulis: Anton

Editor: Dedy

MBKM