Tim Robot Terbang UNY Az-Zawra Biantara Berhasil Meraih Kejuaraan Pada Lomba Kontes Robot Terbang Indonesia Tahun 2023

1
min read
A- A+
read

Robot terbang Az-Zawra Biantara UNY

Tim Robot Terbang Az-Zawra Biantara yang tergabung dalam KRTI mewakili tim Robotika UNY, UKM Rekayasa Teknologi berhasil meraih kejuaraan di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 22 – 26 September 2023 di Pangkalan Udara Astra Ksetra, Tulang Bawang, Lampung.

Pada perlombaan KRTI, Tim Az-Zawra Biantara mendapatkan juara Harapan 1 divisi Technology Development kategori sub divisi Ground Control Station (GCS) pada perlombaan KRTI tingkat Nasional tahun 2023. Peserta lomba KRTI 2023 Nasional terdiri dari 102 tim yang terdistribusi pada 4 (empat) divisi, salah satunya divisi Technology Development sub divisi Ground Control Station (GCS) yang pesertanya terdiri dari 8 Tim.

Inovasi yang dikembangkan oleh tim Az-Zawra Biantara pada sub divisi Ground Control Station (GCS) yaitu pengembangan 360 degree antenna tracking dan Cloud Based Ground Control Station (GCS). GCS yang ada sekarang ini hanya dapat menampilkan data yang berkaitan dengan wahana namun tidak menyimpan daya tersebut. Dengan memanfaatkan GCS yang berbasis cloud dapat menyimpan data log penerbangan. Namun tidak semua tempat memiliki kualitas sinyal internet yang baik sehingga perlu dikembangkan sebuah fitur GCS yang dapat melakukan pause synchronize.

 

Ketua tim sub divisi GCS Fathi Muhammad Nawa mengatakan bahwa data pengujian telah dilaksanakan pada 3 (tiga) tempat. “Kami melakukan uji coba penerbangan di 3 (tiga) lokasi yang berbeda. Lokasi tersebut antara lain KPLT UNY mampu terbang jarak 150 meter dengan signal strength 70-90%, KPAC Wates mampu terbang 700 meter - 1 kilometer dengan signal strength 35-60% dan Janabadra mampu terbang 130 meter dengan signal strength 70%” katanya. Keunggulan wahana yang diciptakan oleh Az-Zawra Biantara adalah sistem pelacakan antena, GCS berbasis cloud dan antenna tracker yang dapat beroperasi jarak jauh atau di lingkungan yang sulit sinyal; sistem yang dilengkapi dengan fitur keamanan dan enkripsi data yang canggih untuk melindungi informasi sensitif dan terhindar dari akses yang tidak sah.

Adapun anggota Az-Zawra Biantara sub divisi Ground Control Station (GCS) yang merancang dan mengikuti perlombaan antara lain Fathi Muhammad Nawa dari prodi Teknologi Informasi, Damar Albaribin Syamsu dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, Khoirul Muttaqin dari prodi Pendidikan Sejarah, Surya Agung Saputra dari prodi Pendidikan Teknik Informatika, Akhil Oktanto dari prodi D4 Teknik Elektronika, Andi Prasetyo dari prodi D4 Teknik Elektronika, Nurani Rosyid dari prodi Pendidikan Akuntansi dan Ayuni Nawangsih Aspurianto dari Pendidikan Luar Biasa dengan dosen pembimbing Oktaf Agni Dhewa, M.Cs. dan Ardy Seto Priambodo, S.T., M.Eng. Inovasi yang dibuat adalah Cloud Base Ground Control Station (GCS).

Berkat kerja keras, optimis, dan dukungan lingkungan sekitar, akhirnya tim Az-Zawra Biantara berhasil mendapatkan juara pada perlombaan KRTI 2023 sub divisi Ground Control Station (GCS), semoga dengan ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa UNY untuk terus mengembangkan inovasi dan kreatif di bidang teknologi maupun akademik.

Penulis: Ayuni Nawangsih

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus