HUT TPA Dharma Yoga Santi DWP UNY Ke-33 Tahun 2024

Yogyakarta, 10 Agustus 2024 – Taman Penitipan Anak (TPA) Dharma Yoga Santi yang dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merayakan ulang tahun ke-33 pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Perayaan ini berlangsung dengan meriah dan diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh anggota DWP, pengurus, pengelola, dan komite.

Salah satu acara utama dalam perayaan ini adalah lomba menghias tumpeng yang diikuti oleh empat kelompok. Lomba ini tidak hanya menjadi ajang kreativitas, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat komunikasi dan keakraban di antara anggota DWP UNY. Ketua DWP FIPP sebagai Ketua Pengurus TPA Dharma Yoga Santi, Eka Sapti Nurtanio Agus Purwanto, menyatakan, "Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih menjalin keakraban dan komunikasi pengurus, Pengelola TPA dan orang tua."

Senada dengan itu, Ketua DWP UNY Ibu Sulastri Sumaryanto juga menekankan pentingnya kerjasama dengan berbagai pihak dari lingkungan UNY dalam optimalisasi layanan TPA. Saat ini TPA dibawah koordinasi ketua dwp fipp sdh menjalin kerjasama antara lain FIPP, FBSB, FT, FIKK, dan FK dalam meningkatkan pembelajaran dan layanan di TPA Dharma Yoga Santi. "Dengan demikian, kualitas layanan TPA diharapkan dapat meningkat, tidak hanya untuk UNY tetapi juga bagi masyarakat pada umumnya," ungkapnya.

Selain itu, TPA Dharma Yoga Santi juga mengadakan berbagai kegiatan di luar kelas, seperti kunjungan ke Museum Pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan anak-anak pada sejarah pendidikan di masa lalu. Ada juga kunjungan ke Plaza UNY dan agenda rutin berenang bersama di kolam renang Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNY. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas produk layanan TPA, TPA Dharma Yoga Santi juga membuka sinergitas dengan masyarakat umum, dengan harapan meningkatkan partisipasi dan kebermanfaatan TPA UNY bagi masyarakat luas.

Perayaan HUT ini dibuka dengan lomba menghias tumpeng yang diikuti oleh ibu-ibu DWP. Di tempat lain, anak-anak ikut serta dalam kegiatan mewarnai dan menggambar bersama yang dipandu oleh Dr. Prayitno, serta bincang akrab antar orang tua. Acara semakin meriah dengan kehadiran Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pelayanan optimal di TPA untuk mendukung tumbuh kembang anak. "TPA harus memberikan pelayanan yang optimal guna mendukung tumbuh kembang anak, sehingga anak menjadi manusia bahagia di masa depan. dan saya dan UNY juga mendukung penuh dan mengawasi pengembangan TPA untuk menyiapkan pelayanan prima" ujar Rektor UNY.

Acara perayaan HUT TPA Dharma Yoga Santi dibuka secara simbolis dengan potong tumpeng dan ditutup dengan sesi foto bersama, menjadikan momen ini sebagai refleksi atas komitmen TPA dalam memberikan layanan penitipan anak yang berkualitas bagi keluarga di lingkungan UNY dan masyarakat luas. Pada akhir sesi, Ketua Pengurus TPA Dharma Yoga Santi menyampaikan bahwa “kami membuka akses seluasnya kepada warga UNY, Anda dapat mempercayakan putra-putri tercinta untuk dititipkan dan diasuh di TPA kami, di mana perhatian, keamanan, dan perkembangan anak menjadi prioritas utama. Kami berkomitmen untuk memberikan lingkungan yang hangat, edukatif, dan mendukung bagi setiap anak yang berada dalam asuhan kami”

Penulis
Achmadan Nizar
Editor
Taufik Fahrudin