Gadis Pelosok Madura Yang Menjelajah Inggris

1
min read
A- A+
read

Athi di University of Bristol Inggris

Masih ingat dengan mahasiswa UNY yang lulus bebas skripsi? Dia adalah Athi’ Nur Auliati Rahmah yang telah diwisuda pada Februari 2022. Sekarang alumni prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY tersebut melanjutkan studi S2 di University of Bristol, Inggris dengan Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Warga Kecamatan Guluk-Guluk, Sumenep, Madura tersebut lulus cumlaude 3,4 tahun dengan bebas skripsi melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Raihan medali emas di ajang LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) divisi poster digital yang diselenggarakan oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kemdikbudristek RI diapresiasi kampus sebagai RPL, sehingga Athi’ bisa wisuda tanpa skripsi. Selama kuliah di UNY Athi’ juga mengikuti program MBKM Kampus Mengajar di pelosok Madura dan meraih gelar juara 1 mahasiswa berprestasi UNY 2021.

Athi’ meraih medali emas di ajang LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) divisi poster digital dan Juara 1 Talent Challenge dalam acara Persembahan Puncak Prestasi Talenta Indonesia akhir tahun kemarin yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Di kemudian hari, prestasi ini diapresiasi Puspresnas melalui Beasiswa Indonesia Maju yang merupakan bagian dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), sehingga Athi’ bisa mendaftar Beasiswa Indonesia Maju tanpa kurasi. Beasiswa Indonesia Maju adalah beasiswa yang diberikan oleh Kemdikbudristek bersama dengan LPDP kepada peserta didik berprestasi pada ajang lomba/kompetisi/festival yang diselenggarakan dan/atau diakui oleh Kemdikbudristek melalui Puspresnas. Program beasiswa yang diikuti Athi’ dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Di Inggris, Athi’ studi lanjut di School of Physics - University of Bristol, dengan program studi MSc in Nanoscience and Functional Nanomaterials. Perguruan tinggi ini masuk dalam Top 10 University di UK dan 61 di dunia serta Universitas Top 5 di UK untuk riset.  “Saya berterimakasih kepada UNY, sebagai kawah candradimuka, tempat saya menimba ilmu yang telah mengapresiasi dan mendukung giat-giat prestasi saya” kata Athi’ Kamis (29/12). Setelah wisuda Februari 2022, Athi’ langsung belajar IELTS untuk mendapat sertifikasi Bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar kampus dan beasiswa. “Ibaratnya, saya jadi punya waktu satu semester untuk persiapan S2 dan bisa berangkat pada semester gugur (fall semester) September 2022” ujarnya.

School of Physics - University of Bristol terkenal di bidang sains selama lebih dari seratus tahun. Sekolah ini diakui di seluruh dunia untuk penelitian perintisnya dalam mekanika kuantum, semikonduktor, benda terkondensasi dan fisika logam, sinar kosmik dan astrofisika, glasiologi, interferometri sinar-X, optik topologi, dan yang baru-baru ini, ilmu nano dan ilmu informasi kuantum.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

 

 

MBKM