FOMUNY Go Green Bantu Upaya Penghijauan

1
min read
A- A+
read

Fomuny Go Green

Divisi Sosial Masyarakat FOMUNY menyelenggarakan FOMUNY Go Green yang bertujuan untuk mewujudkan rasa kesadaran, kebersamaan dan solidaritas dalam memelihara lingkungan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah UNY. Selain itu, FOMUNY Go Green juga dapat membantu dalam upaya penghijauan agar tercipta lingkungan yang bersih, rindang, dan bebas polusi. Kegiatan FOMUNY Go Green ini dilaksanakan belum lama ini di Pantai Mangrove Baros, Bantul.

Kegiatan FOMUNY Go Green pada tahun ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul dalam menentukan pantai yang perlu untuk dikelola lebih baik, juga bekerjasama dengan pihak pengelola Pantai Mangrove Baros dalam memperoleh bibit tanaman. Tidak hanya itu, sebanyak 20 volunteer dari mahasiswa KIP Kuliah diikutsertakan dalam kegiatan berbasis pengelolaan alam ini. Target kualitatif kegiatan ini yaitu meningkatkan rasa kesadaran, kebersamaan dan solidaritas dalam memelihara lingkungan bagi mahasiswa KIP Kuliah UNY serta menciptakan lingkungan bersih dan hijau.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menyebar pamflet di media sosial seluruh pengurus FOMUNY dengan tujuan agar masyarakat luas mengetahui informasi mengenai kegiatan FOMUNY Go Green. Diadakan juga open reqruitment volunteer sebanyak 20 orang serta perwakilan masing-masing divisi di FOMUNY 2024. Total kurang lebih 43 peserta mengikuti kegiatan berbasis alam ini. Dalam kegiatan ini, Panitia FOMUNY Go Green memberikan tempat sampah kepada pihak Pantai Mangrove Baros sebagai wujud dukungan terhadap tindakan membuang sampah pada tempatnya. Langkah ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat atau wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan.

FOMUNY Go Green dimulai pukul 08.00 WIB, dilaksanakan dengan dua kegiatan utama, yaitu penanaman bibit pohon dan bersih sampah di area pantai. Sebanyak 30 bibit pohon mangrove ditanam di area sekitar Pantai Mangrove Baros. Diharapkan tanaman tersebut tumbuh dengan baik dan dapat menyumbang manfaat dalam mengurangi abrasi di sekitar pantai. Penanaman bibit pohon dilakukan oleh Koordinator FOMUNY 2024, Panitia, serta para volunteer FOMUNY Go Green 2024.

Setelah penanaman bibit pohon, dilanjutkan kegiatan bersih pantai dengan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di area Pantai Mangrove Baros. Bersih pantai ini dilaksanakan dengan mini games. Peserta dibagi ke dalam 5 kelompok, kelompok yang paling banyak mengumpulkan sampah akan mendapatkan hadiah. Dengan begitu peserta akan lebih semangat dalam membersihkan pantai dari sampah-sampah yang ada. Kegiatan bersih pantai ini menghasilkan sebanyak 11 kantong trashbag.

Panasnya terik matahari serta angin yang kencang tidak menyurutkan semangat peserta dalam upaya pembersihan dan penghijuan pantai. Setelah kegiatan bersih pantai, peserta berkumpul di pendopo untuk beristirahat serta hiburan dan pengumuman pemenang games bersih pantai. Panitia dari Divisi Sosial Masyarakat memberikan hadiah kepada setiap kelompok dengan masing-masing kategori. Meskipun tidak banyak, hadiah tersebut sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi atas upaya peserta yang turut serta mengikuti kegiatan pengelolaan pantai ini.

Kegiatan FOMUNY Go Green cukup memperlihatkan hasil yang baik, salah satunya pada kondisi kebersihan pantai. Perbedaan sebelum dan sesudah bersih sampah yang terlalu mencolok memang belum begitu terlihat, mengingat kondisi pantai yang dapat dikatakan memiliki banyak sampah. Akan tetapi lewat kegiatan FOMUNY Go Green ini diharapkan dapat sedikit membantu mengurangi sampah yang ada di sekitar Pantai Mangrove Baros. Setelah kegiatan ini diharapkan Pantai Mangrove Baros dapat menarik lebih banyak wisatawan.  

Penulis
Prima Subekti
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus