FIS UNY Gelar Research Day Dan Webinar Produk Unggulan

1
min read
A- A+
read

Research day dan webinar

Tahun ini Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) kembali menggelar research day dan webinar produk unggulan. Acara yang diselenggarakan belum lama ini mengundang para mitra dalam negeri di sekitar DIY di Hotel Crystal Lotus. Hadir sekitra 40an mitra baik pejabat pemerintah seperti kepala Bappeda, Pemerintah Kabupaten, beberapa kepaa dinas yang terkait, guru, dan professional di bidangnya. Selain itu juga hadir para pejabat di lingkungan FIS UNY seperti jajaraan dekanat, ketua jurusan dan prodi serta kepala-kepala laboratorium . Acara yang digawangi oleh Tim Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (UUIK) FIS UNY ini digelar dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke 58 UNY.

Disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIS UNY, Dyah Kumalasari selaku penanggung jawab acara, tujuan kegiatan ini untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang capaian dosen dalam melaksanakan tugasnya. Dyah memaparkan “Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang aktualisasi akademik dan mengapresiasi pencapaian rekognisi dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk memperkuat kerjasama dengan mitra kerjasama dalam rangka meningkatkan income generating FIS melalui kegiatan hilirisasi produk unggulan setiap prodi di FIS UNY.” Paparnya dalam sambutan .

Presentasi produk unggulan yang disampaikan oleh para ketua jurusan di lingkungan FIS UNY mendapatkan respon positif dari para mitra yang hadir. Seperti yang disampaikan Kasub litbang Bappeda Kota yang menyambut hangat produk unggulan yang disampaikan oleh ketua jurusan (Kajur) Pendidikan Geografi, Sulistyo mengungkapkan “Setiap tahun Bappeda membuka penelitian dan kami sangat terbuka untuk berkolaborasi, mari kita ciptakan iklim bersama, agar konektivitas yang baik agar bisa diaplikasikan di lapangan.” Ungkap Sulistyo. Sedangkan Loridati perwakilan guru, yang juga merupakan ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn se Kabupaten Sleman, menyatakan bahwa “Saya sangat tertarik akan paparan produk unggulan dari Prodi PPKn, dan saya akan menyampaikan informasi tentang program studi lanjut S2 PPKn di UNY kepada para guru PPKn melalui MGMP PPKn, selain itu kami sangat tertarik dengan Workshop perancangan perangkat desa, apakah boleh dishare ke alumni untuk para lurah di kabupaten sleman, mohon soft file nya untuk bisa dishare ke instansi perangkat desa?”.ujar Loridati.

Selain itu perwakilan Bappeda dari Kulonprogo pun juga sangat antusias dan langsung menawarkan kerjasama dengan jurusan Pendidikan Geografi untuk melakukan penelitian bersama, seperti yang disampaikan Agus Setiawan “Produk unggulan dari jurusan Pendidikan Geografi sangat menarik dan sangat korelatif dengan program-program yang kami lakukan. Untuk itu kami menawarkan kerjasama dengan Lab Geografi, khususnya Lab Alam. Di Kulon Progo mempunyai bentang alam yang beragam, jadi kami siap untuk PPM sharing pendanaan dan pelatihan-pelatihan dengan masyarakat Kulon Progo.” Ungkap Agus antusias.

Dari kegiatan tersebut menjadikan FIS UNY semakin bersemangat untuk mengembangkan dan memperkuat produk-produk unggulan yang telah dirancang. Dengan produk-produk unggulan tersebut, FIS UNY berharap bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat Indonesia, sesuai dengan salah satu tagline UNY saat ini Bersama Kita Bisa, Bersatu Kita Maju, Bermitra Kita Juara, Gumregah Menyongsong Perubahan. (sari)