Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru UNY Tahun 2023

1
min read
A- A+
read

Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNY tahun 2023 diawali laporan atau paparan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. yang menyampaikan tentang trend animo mahasiswa, jumlah registrasi, dan angka mortalitasnya. Berbagai permasalahan antara lain makin banyaknya permohonan calon mahasiswa dan mahasiswa S2 dan S3 untuk mengambil defer, sehingga kedepan pada intake genap 2024 mulai dibuka “jalur defer” (khusus S2 dan S3) khusus bagi pendaftar yang menginginkan defer dengan mekanisme dan sistem tertentu.

“Peserta PMB berkebutuhan khusus belum mendapat layanan dan fasilitasi secara optimal, sehingga akan dirancang akan dibuka “jalur disabilitas” khusus bagi peserta disabilitas pada semua program dengan mekanisme dan sistem seleksi tersendiri,” kata WR Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Tentang soal CBT D-IV dan S1 juga masih menggunakan materi Tes Bidang Studi, tidak sesuai dengan soal UTBK-SNBT, namun UNY telah menggunakan soal sesuai UTBK, yaitu penalaran matermatika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris.

Mahasiswa di UNY dari unsur mahasiswa internasional belum optimal registrasi, maka dilakukan konfirmasi intensif dan terkonfirmasi 56 mahasiswa asing, sehingga terdapat 15 proses finalisasi registerasi untuk S1 berjumlah 3 orang, S2 berjumlah 7 orang, dan S3 terdapat 5 orang.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyambut baik laporan evaluasi penerimaan mahasiswa baru. Tentang besarnya angka mortalitas, menyampaikan bahwa perlu namun sedikit menyoroti tentang masih besarnya angka mortalitas dan itu perlu dilihat dari jalur penerimaan. Sedangkan Ketua MWA Prof. Suyanto, Ph.D. tentang besarnya mortalitas itu harus dilihat dari calon mahasiswa. 

“Bahwa calon mahasiswa itu butuh kepastian, sehingga yang perlu kita lakukan adalah ciptakan ekosistem yang baik, antara lain kualitas layanan, daya saing, disparitas, efisiensi. Adanya kepastian layanan maupun beasiswa,” ungkap ketua MWA.

Workshop evaluasi ini berlangsung dari 21-24 September 2023, di Lombok, yang diikuti oleh Majelis Wali Amanat, Senat Akademik Universitas, Rektor, Wakil Rektor, para Dekan, Direktur, Sekdir, Admisi, para Kasubdit, para Kasi, dan staf terkait.

Penulis: Sudar
Editor: Prasetyo

IKU