Donat Tempe Daun Kelor, Inovasi Kudapan Sehat bagi Ibu Hamil

1
min read
A- A+
read

Donat tempe daun kelor

Siapa yang tidak mengenal tempe? Makanan hasil fermentasi kedelai ini pastinya sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sudah menjadi makanan sehari-hari. Biasanya orang akan mengolah tempe menjadi makanan dengan cita rasa gurih dan dikonsumsi sebagai pendamping nasi. Namun, berbeda halnya dengan Theodora Arydita atau dikenal sebagai Dita. Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarya (UNY) ini mengubah tempe menjadi kudapan manis dan pastinya sangat lezat. Dita mampu menyulap tempe kedelai menjadi kue donat.

Keunikan dari donat buatan Dita tak hanya terletak pada campuran tempe. Ia juga menambahkan daun kelor ke dalam resep donatnya sehingga terciptalah donat goreng tempe daun kelor.  Donat goreng tempe daun kelor dibuat sebagai kudapan bergizi yang ditujukan bagi ibu hamil. Menurut Dita, selain karena tempe yang kaya akan protein, kandungan zat besi yang tinggi pada daun kelor juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Tempe dan daun kelor juga merupakan bahan makanan yang cukup mudah ditemukan keberadaannya dengan harga terjangkau.

Warga Bangunjiwo, Bantul tersebut mengungkapkan bahwa ada berbagai macam tahapan yang harus ia lakukan dan berkali-kali percobaan hingga akhirnya ia mendapatkan resep yang sesuai. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan donat goreng tempe daun kelor ini yaitu tepung terigu protein tinggi, tempe 15%, daun kelor 1%, kuning telur, mentega, susu bubuk, pengembang, ragi, dan air. Pembuatan donat tempe daun kelor ini dimulai dengan membuat tepung tempe dan tepung daun kelor terlebih dahulu. Tempe dipotong dadu kemudian dikukus. Setelah itu tempe dikeringkan selama 24 jam menggunakan cabinet dryer dengan suhu 60° Celcius, kemudian dihaluskan menggunakan grinder dengan ayakan 80 mesh hingga menghasilkan tekstur tepung yang halus. Untuk membuat tepung daun kelor pun sama, daun kelor juga dikukus dan keringkan terlebih dahulu, kemudian dihaluskan menggunakan grinder dengan ayakan 40 mesh, agar masih terdapat tekstur kasar dari daun kelor. Setelah tepung tempe dan tepung daun kelor jadi,  barulah ia bisa membuat donat.

Pembuatan donat ini diawali dengan mencampurkan bahan kering terlebih dahulu seperti tepung tempe, tepung daun kelor, susu bubuk, dan tepung terigu protein tinggi. Setelah bahan kering tercampur rata barulah dimasukkan bahan basah seperti kuning telur, ragi, air, pengembang, dan mentega. Semua bahan diuleni hingga adonan kalis, selanjutnya dicetak dan digoreng hingga matang. Hal lain yang menarik dari produk ini yaitu scrumble tempe goreng yang menjadi taburan di atas donat buatannya.

Produk ini pertama kali dipamerkan dalam acara Cullinary Innovation Festival dengan tema “Tempe for Gen Z” di Sleman City Hall. produk ini mendapat sambutan baik dari pengunjung, banyak yang tidak menyangka bahwa donat tersebut dibuat dengan campuran tempe.

Penulis
Intan Assafitri & Annis Na'immatun
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus