Desa Binaan Prodi PTK SPs UNY Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Salah satu desa binaan Prodi PTK SPs UNY yaitu Desa Segajih meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementrian Pariwisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut raihan ini menjadi yang pertama di Indonesia."Ini lagi saya cek, tapi kayaknya yang pertama kali saya kunjungi ini kabupaten yang 3 tahun berturut-turut (meraih ADWI)," ujar Sandi saat meninjau Desa Wisata Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kulon Progo belum lama ini.
Sebelumnya pada tanggal 6-7 Agustus 2022 melakukan pemetaan potensi desa atau kelurahan wisata dalam pengembangan ekonomi kreatif di lokasi dusun Segajih Kalurahan Hargotirto Kulon Progo. Agenda ini adalah wujud tindak lanjut dari FGD bersama dengan Bapak Bupati Kulon Progo pada 24 Januari 2022 implementasi skema penelitian dan pengabdian di Laboratorium Desa Vokasional Kulon Progo. TIM Pascasarjana PPs UNY terdiri oleh Prof. Dr. Putu Sudira, M.P., sebagai Ketua dengan beranggota Prof. Pardjono, Ph.D., Prof. Dr. Moch Bruri Triyono, M.Pd., Septiono Eko Bawono, M.T., Widodo, M.Pd., Yoga Sahria, M.Pd., Nur Kholifah, M.Pd., dan Tinesa Fara Prihandini, S.Pd. Pada pertemuan Focus Group Discussion (FGD) di hadiri oleh pengelola desa wisata, pengelola home stay, pengrajin dan kebudayaan , dan dukuh Segajih.

Saat ini Prodi PTK sedang merumuskan Ilmu Pendidikan Vokasional Pedesaan sebagai keunikan dunia TVET. Dan juga merencanakan untuk Digitalisasi Desa Wisata dalam berbagai platform. Virtual Tour, Aplikasi booking wisata, Informasi potensi wisata, pendampingan berwisata, penguatan bahasa asing (Bahasa Inggris, Jepang, Perancis, Italy, Arab,dll.  PPM Prodi PTK segera mengagendakan pelatihan Bahasa Inggris dan Pelatihan Guide Wisata.

Oleh Sandiaga dijelaskan pula bahwa desa wisata di Kulon Progo selalu masuk dalam kategori desa wisata terbaik berdasarkan penilaian ADWI selama tiga tahun terakhir. Pertama diraih oleh Desa Wisata Tinalah di Purwoharjo, Samigaluh pada 2021. Tahun berikutnya diraih Desa Wisata Widosari di Ngargosari, Samigaluh. Adapun penghargaan ADWI 2023 jatuh kepada Desa Wisata Segajih di Hargotirto, Kokap. "Luar biasa. Menurut saya Ini prestasi dari tim bukan hanya timnya Pak Joko (Kepala Dispar Kulon Progo), tetapi kan kalau kita lihat kan desa wisata itu penilaiannya memiliki 360 derajat aspek penilaiannya, jadi berarti masyarakatnya juga membantu, dunia usahanya juga bergerak. Medianya juga ikut mempromosikan," ujarnya.

Penulis: Dikutip dari Detik/Anton

Editor: Dedy

 

MBKM