Brownies Kacang Hijau, Inovasi Mahasiswa KKN UNY Ngrancah Girimulyo

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Mahasiswa KKNM 11466 UNY yang berkedudukan di Ngrancah, Pendoworejo, Girimulyo, Kulonprogo melatih ibu-ibu PKK setempat untuk membuat brownies dari kacang hijau. Para mahasiswa tersebut adalah Dian Oktavia Sejati, Christian Titus Fernanda, Iklima Hapsari Y. A., Alya Nur Lathifah, Yosephine Aulia L.H., Veni Radystia Sari, Adrian Dwi N. N., Yudha Mahendra W. P., dan Gregorius Marcellino Abel P.

Menurut Ketua Kelompok KKN Dian Oktavia Sejati pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan nilai jual komoditas lokal setempat. Kacang hijau merupakan komoditas pertanian yang banyak ditanam di Padukuhan Ngrancah tetapi belum ada pengolahan yang membuat nilai kacang hijau menjadi lebih tinggi. Masyarakat biasanya hanya menjual kacang hijau secara langsung ataupun hanya untuk konsumsi sendiri. “Oleh karenanya kami berinisiatif untuk membantu meningkatkan nilai jual dari kacang hijau tersebut sekaligus mendorong semangat peserta dalam berwirausaha” ujar Dian, Sabtu (30/9).

Kegiatan ini menggandeng narasumber yang juga mahasiswa UNY prodi tata boga yaitu Liova Yuanissa Putri dan Kavita Diah Kusuma Astuti. Dikatakan Liova bahwa bahan pembuatan brownies kacang hijau terbagi menjadi tiga yaitu bahan A, B dan C. Bahan A meliputi tepung serbaguna 70 gram, telur 4 butir, gula 125 gram, dark chocolate 80 gram, cocoa powder 30 gram, SP 1 sendok teh, margarin 45 gram, baking powder ½ sendok teh, dan susu kental manis 15 gram. “Bahan B meliputi 50 gr kacang hijau yang dikukus/rebus serta dihaluskan ditambah 50 ml santan kental” kata Liova. Sedangkan bahan C adalah dark chocolate 100 gram dan white chocolate 100 gram yang dilelehkan serta keju parut secukupnya.

Cara membuatnya siapkan loyang ukuran 20 x 20 cm alasi dengan kertas roti lalu sisihkan. Panaskan kukusan. Campurkan bahan kering yaitu baking powder, tepung dan cocoa powder. Lelehkan dark chocolate bersama dengan margarin dengan cara di tim lalu sisihkan. Dalam wadah lain, campurkan telur, gula pasir dan SP, kemudian kocok dengan mixer hingga mengembang dan mengental. Setelah adonan mengembang campurkan dengan bahan kering, dark chocolate yang sudah dilelehkan dan susu kental manis kemudian aduk rata. Masukkan kacang hijau yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan santan lalu masukkan adonan dalam loyang, kukus -+ 20 menit dengan api sedang ke besar. Setelah matang, beri topping chocolate leleh atau dengan keju parut dan brownies siap dihidangkan.

Dalam kesempatan ini Kavita Diah Kusuma Astuti berdialog dengan peserta mengenai pembuatan brownies dan tips berwirausaha seperti packaging, topping serta bagaimana menetapkan harga yang tepat untuk produk seperti ini. “Resep pembuatan brownies kacang hijau dan langkah pembuatannya kami berikan pada peserta agar dapat digunakan sebagai panduan membuat brownies di rumah masing-masing” katanya.

Salah satu peserta, Nurul Hidayati mengatakan bahwa kegiatan ini menarik sekali buat ibu-ibu karena menampilkan inovasi baru. Saya baru pertama kali ikut demo masak kue, apalagi ada inovasi brownies kacang hijau. Ternyata pengolahannya sederhana tapi hasilnya mantap” ujar Nurul. Kegiatan demo masak ini sangat bermanfaat karena dapat mengolah kacang hijau menjadi masakan yang beragam, dimana selama ini kacang ijo biasanya hanya dibikin bubur. Menurutnya kegiatan tersebut tepat sekali dilakukan saat sebagian masyarakat Ngrancah sedang panen kacang hijau.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM