Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Kriya S1

1
min read
A- A+
read

Program Studi Pendidikan Kriya S1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta pada hari ini (19/9) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat, menjalani asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). LAMDIK memiliki tugas untuk melakukan proses Akreditasi bagi Program Studi (Prodi) di Bidang Kependidikan di Indonesia. Hadir 2 asesor utusan LAMDIK, yakni Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. dari Universitas Negeri Surabaya dan Dr. Agus Cahyono, M.Hum. dari Universitas Negeri Semarang. Dari UNY, dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, para Wakil Dekan FBS, Ketua LPPM, Ketua LPMPP, Ketua Pusat Pengembangan Mutu Pendidikan Tinggi, KaBiro UPK, KaBiro AKK, Ketua Jurusan Pendidikan Kriya S1, dan Tim Task Force Akreditasi, serta Tim Pendukung.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat datang kepada para asesor. Dalam sambutannya menyatakan bahwa UNY sedang menggenjot pengembangan SDM dengan cara studi lanjut dan kenaikan pangkat yang saat ini sedang dioptimalkan. "Tenar lembaganya, sejahtera warganya, maka dari itu rektorat akan menggelorakan hasil-hasil kreativitas dari prodi Kriya ke depannya" imbuhnya.

Dr. Drs. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. menyampaikan, tujuan asesmen lapangan adalah untuk mengkonfirmasi semua yang telah dilaporkan dalam dokumen oleh tim Task Force, juga sebagai pelengkap jika ada yang belum dituliskan dalam dokumen yang dilaporkan. Dr. Agus Cahyono, M.Hum. mengapresiasi akan kesiapan UNY dalam melengkapi borang dan bukti-bukti kelengkapannya yang akan di verifikasi, tentu hal ini akan sangat memudahkan asesor dalam memverifikasi dokumen yang dilaporkan.

Acara berjalan dengan diskusi dan penjelasan serta secara hangat, berjalan efektif dan efisien karena persiapan yang matang sejak jauh hari sebelumnya, dan diakhiri dengan foto bersama para peserta.

Asesmen Lapangan untuk akreditasi sangat diperlukan sebagai kendali bagi program studi penyelenggara pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memastikan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan/SDGs ke-empat.

Penulis: Pras
Editor: Yuyun