AKSI PEDULI SESAMA MAHASISWA FMIPA UNY

1
min read
A- A+
read

Kegiatan berbagi

SIGMA (Aksi Berbagi MIPA) merupakan kegiatan peduli sesama dari BEM FMIPA UNY yang berkolaborasi dengan ormawa-ormawa FMIPA UNY, yakni HIMAIPA, HIMABIO, HIMATIKA, HIMAKI, HIMAFI, dan Haska melalui pengiriman delegasi oleh masing-masing ormawa. Per tahun 2021, sudah terlaksana sebanyak tiga kali SIGMA, yaitu SIGMA#1 Bagi Takjil, SIGMA#2 Bagi Aksi, dan SIGMA#3 Bagi Nasi dengan waktu, tempat, dan sasaran yang berbeda-beda.

SIGMA#1 Bagi Takjil dilaksaksanakan sebanyak dua kali pada Bulan Ramadhan, yakni pada tanggal 29/4/21 dan 10/5/21 dengan total distribusi 150 porsi nasi. Sasaran penerima takjil adalah masyarakat yang membutuhkan seperti tukang becak dan tunawisma di daerah sekitar UNY.

Kegiatan SIGMA#2 Bagi Aksi dipanti asuhan Omah Ngaji, Banguntapan, Bantul, DIY pada tanggal 5/8/21 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kegiatan inti SIGMA#2 Bagi Aksi meliputi sesi sharing dan motivasi untuk anak-anak serta pemberian hadiah bingkisan berupa sembako, perlengkapan sekolah, dan mainan edukatif untuk meunjang proses belajar anak-anak panti asuhan Omah Ngaji. Sementara SIGMA#2 Bagi Aksi periode kedua dilaksanakan pada tanggal 13/11/21 di Dusun Bendogede 1, Bendogede 2, dan Medak, Gunungkidul, DIY dengan pendistribusian 57 paket sembako.

Kemudian, SIGMA#3 Bagi Nasi dilaksanakan 3/12/21 dilaksanakan dengan melakukan pembagian 150 porsi nasi kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti pemulung, penjual tisu, penjual koran, tunawisma, tukang becak, dan lain-lain. Kendati dilaksanakan di jalanan, prosesi pembagian nasi kepada sasaran tetap mematuhi protokol kesehatan. Lokasi yang menjadi tujuan penerima manfaat SIGMA#3 Bagi Nasi adalah sebanyak empat rute di kawasan sekitar Universitas Negeri Yogyakarta. Rute ini terdiri dari rute utara, timur, selatan, dan barat. Untuk rute utara mencakup daerah Terminal Condongcatur, rute timur adalah daerah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, rute selatan adalah daerah Stadion Mandala Krida, dan rute barat adalah daerah TVRI Yogyakarta. (witono)