Akselerasi Studi dengan Writing Camp

1
min read
A- A+
read

Writing camp

Masih adanya mahasiswa pascasarjana yang hampir habis masa studinya dan belum menyelesaikan penulisan disertasi mereka, maka dinilai perlu melakukan kegiatan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan penulisan disertasinya secara efisien dan fokus serta memberikan kemudahan mahasiswa dalam mencari bahan-bahan referensi yang diperlukan.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan Workshop Writing Camp dimana mahasiswa difasilitasi diruang perpustakaan pascasarjana baik akses referensi, ruang kerja mandiri, dan fasilitas lain agar mahasiswa dapat bekerja maksimal menyelesaikan penulisannya tanpa terganggu aktifitas lain.

Kegiatan Writing Camp dibuka oleh Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. dan di ikuti oleh 18 orang mahasiswa. Dalam pembukaan tersebut Wakil Direktur Bidang Akademik Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. sebagai narasumber memaparkan maksud dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan dan menyampaikan materi tentang penulisan disertasi yang baik dan benar serta hal-hal yang perlu dilakukan mahasiswa selama kegiatan berlangsung.

Setiap hari mahasiswa bekerja menyelesaikan penulisan disertasinya di ruang perpustakaan dimana telah di sediakan berbagai kebutuhan yang diperlukan mahasiswa untuk penyelesaian penulisannya disertasinya. Disediakan juga konsumsi agar mahasiswa tidak perlu keluar untuk makan siangnya, ruang kerja mandiri, akses internet, akses referensi untuk penulisan, dosen konsultan serta fasilitasi bimbingan daring/luring dengan promotor/kopromotornya.

Selain dengan promotor dan kopromotor tiap hari di sediakan dosen konsultan untuk mahasiswa berkonsultasi tentang penulisan disertasinya. Tugas Dosen Konsultan sendiri yaitu melayani konsultasi mahasiswa dan memberikan solusi terbaik untuk mahasiswa serta mencatat hasil konsultasi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan mahasiswa berkaitan dengan penyelesaian penulisan disertasinya.

Penulis : Anton

Editor : Dedy

MBKM