THE 5TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON CURRENT ISSUE IN EDUCATION (ICCIE) 2021 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

1
min read
A- A+
read

THE 5TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON CURRENT ISSUE IN EDUCATION (ICCIE) 2021 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

The 5th International Conference on Current Issue in Education, diinisiasi oleh Pascasarjana UNY mengusung tema Future of Education: Building Strong Learning Connection. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom yang diikuti oleh 106 peserta. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada 2 sesi. Sesi 1 dilaksanakan Jum’at (12/11) dimulai pukul 13.00-16.15 WIB dan Sesi 2 dilaksanakan Sabtu (13/11) dimulai pukul 07.30-14.30 WIB.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. Kemudian, dilanjutkan sambutan oleh Direktur PPs UNY, dan Ketua Panitia ICCIE Nur Azizah P.Hd. Keynote speaker dalam kegiatan ini adalah Harri Lappalainen. Harri memaparkan bahwa pandemic telah mengubah kehidupan dari segala lini, tidak terkecuali Pendidikan. Saat ini wajah pendidikan telah berubah total dengan penggunaan platform Zoom dimana Guru dan murid tidak perlu bertatap muka. “Kini jarak dan perbedaan negara bukanlah lagi permasalahan, tinggal bagaimana koneksi internet yang dengan anda gunakan” ungkap Harri. Walaupun begitu, pembelajaran via daring ini mempunyai banyak kelemahan, dimana interaksi antara guru dan murid menjadi terbatas. “Ada sesuatu yang hilang dari pembelajaran daring ini, yaitu interaksi yang menyenangkan antara guru dan murid” tambah Harri lagi.

Kemudian Plenary session 1 disampaikan oleh Prof. Dr. Daniel Georges Apollon, Prof. Dr. Yuksel Goktas, dan Dr. Zamzani Zainuddin. Selanjutnya, plenary session 2: Prof. Dr. Moch. Bruri Triyono dan Assoc. Prof. Dr. Ferry Jie. Kelima narasumber ini juga memberikan gambaran bahwa terdapat perubahan yang nyata di dunia Pendidikan. Terutama di dalam penggunaan Artificial Intelligent, Augmented Reality dan Virtual Reality pada kegiatan belajar mengajar.

Pada sesi paralel terdapat penghargaan untuk para presenters yaitu ada kategori presenter terbaik dari setiap masing-masing room 1-8 yang secara berurutan dimenangkan oleh Tri Wahyuni Floriasti, Furintasri Setya Astuti, Okky Riswandha Imawan, Maria Vineki Riyadini, Raoda Ismail, Hasan Djidu, Alfelia Nungky Permatasari dan Astri Widyasari. Selanjutnya, kategori pertanyaan terbaik day 1 diraih oleh Albert dan Alfelia Nungky Permatasari. Day 2 diraih oleh Yuliana Olga Siba Sabon dan Chatarina Widiastuti. (atika/ant)