14 Insinyur Baru UNY Siap Berkarya Memajukan Indonesia

1
min read
A- A+
read

Sabtu (19/8) bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat, Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) UNY meyudisium dan mengukuhkan 14 mahasiswa yang yang kemudian mendapatkan gelar Insinyur (Ir.). Prosesi ini dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Sumber Daya, Dekan Fakultas Teknik, Direktur Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi, Kanit Pendidikan Profesi Non-Guru, dan Korprodi PSPPI. Turut menyaksikan prosesi Yudisium dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ir. Tri Budi Utama, M.T., IPU., ASEAN Eng. selaku Ketua PII Wilayah DIY, Ir. Joko Sumiyanto, M.T., selaku Kepala Bidang Engineering Tallent PII Wilayah DIY, dan Ir. Sawariyanto, selaku Direktur Eksekutif PII Wilayah DIY.

Laporan disampaikan oleh Direktur DPPK, Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes, menjelaskan bahwa dari sebanyak 14 mahasiswa yang diyudisium di Batch 08 ini terdiri dari 6 lulusan berpredikat cum laude, 7 lulusan berpredikat sangat memuaskan, dan 1 lulusan berpredikat memuaskan. Hal ini dituangkan dalam Keputusan Rektor UNY Nomor 5.1/UN34/VIII/2023 tanggal 1 Agustus 2023, tentang Yudisium dan Pelantikan Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Negeri Yogyakarta.

Wakil Rektor bidang Umum dan Sumber Daya, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. mengucapkan selamat dan sukses kepada para lulusan yang diyudisium pada hari ini, "Selamat dan sukses kepada 11 lulusan yang diyudisium hari ini secara luring, dan 3 orang secara daring melalui Zoom Meeting dikarenakan sedang mendapatkan tugas dinas dan tidak memungkinkan untuk dapat hadir secara luring di UNY, dan mari kita perluas dan tingkatkan sinergitas, agar menjadi tenaga teknik handal yang memajukan Indonesia" sambutnya.

Sugiyarta, sebagai perwakilan dari peserta yudisium dalam sambutannya memohon doa dan dukungan agar ilmu yang diperoleh selama kuliah di UNY dapat dimanfaatkan dengan sebaik2nya untuk keperluan masyarakat, bangsa, dan negara. "Terima kasih atas fasilitas dan pelayanan dari dosen dan tendik UNY yang selalu memfasilitasi kami selama kuliah PSPPI di UNY, dan mohon maaf jika selama proses perkuliahan ada sikap, perkataan, dan lain sebagainya yang kurang berkenan" imbuhnya.

Rangkaian prosesi yudisium ini diawali laporan kegiatan oleh Direktur DPPK, pengukuhan oleh Wakil Rektor USD didampingi Dekan FT dan Direktur DPPK, pembacaan Prasetya Alumni oleh Agus Budi Rahayu, pembacaan Kode Etik Insinyur oleh Dwi Rahmanto, ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Prof. Dr. Marzuki, M.Ag. dan diakhiri dengan foto bersama.

Penulis: Prasetyo Noviriyanto
Editor: Dedi Herdito

IKU