UPSI Malaysia Berkolaborasi Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

Penandatanganan dokumen kerjasama

Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia menggandeng Universitas Negeri Yogyakarta dalam kerjasama. Penandatanganan dokumen kerjasama dilakukan di Hotel UNY, Jumat (15/9). Kerjasama tersebut meliputi academic collaboration, joint research, exchange mobility programs, organizing conferences, study visit, collaborative training, internships at school dan community services programs. Delegasi UPSI hadir Naib Canselor UPSI Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff, Pengarah Bahagian Komunikasi Korporat UPSI Prof. Madya Dr. Mohd Izwan bin Shahril, Dekan Fakulti Sains Sukan dan Kejurulatihan Dr. Jaffry bin Zakaria, Ketua Jabatan Sains Kejurulatihan FSSK Dr. Noorzaliza binti Osman dan Ketua Jabatan Sains Sukan FSSK Dr. Norhazira binti Abdul Rahim.

Naib Canselor UPSI Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff mengatakan bahwa UPSI akan terus menjalin kerjasama dengan UNY. Menurutnya UPSI saat ini memiliki 26.000 mahasiswa dimana 6000 orang pada jenjang S2 dan S3. “Kami juga punya 1600 orang mahasiswa dari luar negeri, yang paling banyak adalah dari China, lalu Indonesia dan negara-negara Timur Tengah” kata Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff. Dikatakan juga bahwa UPSI memiliki 10 fakultas dan yang terbaru adalah Fakultas Komputer dan Meta Teknologi karena digital program merupakan salah satu yang sangat penting pada saat ini.

Dikatakan Naib Canselor USI bahwa hingga saat ini masih terus belajar dari UNY terutama Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan yang merupakan fakultas keolahragaan pertama di Asia Tenggara. Kerjasama yang akan dilakukan meliputi visiting professor, penelitian bersama, penulisan artikel dan latihan belajar. Prof. Dato’ Dr. Md. Amin bin Md. Taff mengundang mahasiswa UNY untuk hadir ke UPSI dan begitu pula sebaliknya mahasiswa UPSI akan diantar ke UNY. Program dual degree FSSK dengan UNY akan segera direalisasikan agar dapat mengembangkan ilmunya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Siswantoyo menegaskan bahwa selama ini sudah banyak kerjasama yang dilakukan antara UNY dengan UPSI mulai dari pertukaran mahasiswa, joint research dimana dampaknya tidak hanya untuk fakultas ilmu keolahragaan saja tapi juga untuk fakultas lain. “Impact dari matching grant diantaranya joint publication international network” kata Siswantoyo, sehingga alangkah baiknya apabila ada dosen yang akan mempublikasikan karyanya maka dapat menyertakan satu nama dari UPSI untuk dapat masuk dalam jurnal tersebut. Kolaborasi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan QS Ranking. Demikian pula untuk saling mensitasi jurnal baik dari UNY maupun UPSI. Siswantoyo juga mengatakan bahwa kedepannya UNY akan membuka fakultas kedokteran, untuk itu diharapkan pada UPSI untuk dapat mengirimkan sumberdayanya yang ber-background medicine ke UNY untuk riset. Fakultas lain juga dapat mempererat kerjasamanya dengan UPSI untuk dual degree baik itu program master atau doktor. Selain itu Wakil Rektor juga menawarkan studi lanjut jenjang master atau doktor di UNY bagi mahasiswa UPSI yang telah menyelesaikan studinya dengan beasiswa UNY.

Dalam kesempatan ini dilakukan penandatangan dokumen kerjasama antara Dekan Fakulti Sains Sukan dan Kejurulatihan Dr. Jaffry bin Zakaria dan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan UNY Prof. Wawan Sundawan Suherman. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi intensif antara UNY dengan UPSI dan pertukaran cenderamata.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia