UNY Laksanakan Sospro Untuk Seluruh SMA Swasta Yang Berada Di Wilayah Kota Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Rabu, 22 Februari 2023 melakukan Sosialisasi dan Promosi untuk seluruh SMA swasta yang berada di Kota Yogyakarta. Seluruh sekolah yang diundang mewakili satu orang guru untuk kegiatan ini, Adapun lokasi kegiatan bertempat di Aula Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Kota Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut, plt. Kepala Balai Dikmen Tri Widyatmoko, S.T, M.T dan Rini Nurtyastuti, M.M selaku Kasi Layanan Pendidikan Balai Dikmen, narasumber dari UNY, Dr. Ir. Gunadi, M.Pd., selaku Staff Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Tim Rektorat UNY.

Ibu Rini menyampaikan rasa terima kasih UNY berkenan memberikan wawasan informasi SNPMB dan SM di Kota Yogyakarta. Semoga kegiatan rutin ini memberikan manfaat bagi peserta didik di kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Tri Widyatmoko menyampaikan  bahwa hal penting yang harus dipahami Bapak/Ibu Guru adalah bahwa pendidikan sejatinya tidak hanya berfungsi untuk mencerdaskan para siswa, tapi juga untuk membentuk karakter para siswa terutama membentuk para siswa untuk cerdas secara emosional dan spiritual. Jangan sampai peserta didik diajari dengan kecurangan mengatrol nilai agar lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, beliau menambahkan bahwa para guru normatif saja dalam memberikan penilaian untuk para siswa, jadi tidak ada rekayasa didalamnya.

Dr. Gunadi sebagai narasumber dari UNY dalam sambutannya mengatakan bahwa UNY setelah berubah statusnya dari Badan Layanan Umum (BLU) ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), ada beberapa hal yang berubah antara lain kuota masuk siswa lewat jalur Seleksi Mandiri (SM) yang dulu maksimal 30% sekarang dapat menjadi 50%. Hal ini berdampak jika belum berhasil menembus seleksi nasional, dapat diupayakan lewat SM dengan porsi yang lebih banyak. Gunadi juga menjelaskan secara rinci tentang berbagai macam jalur masuk UNY antar lain Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi nasional Berbasis Tes (SNBT) dan jalur Mandiri. Pada kesempatan ini, Gunadi juga memaparkan tentang prodi beserta tingkat keketannya dan fasilitas apa saja yang ada di UNY. Ia mencontohkan, Teknik Informatika memiliki keketatan 1:104, Teknik Sipil 1:82, Psikologi 1:65, dan keketatan di prodi lainnya.

Total guru yang hadir dalam  kegiatan kali ini berjumlah 27 orang dan mereka terlihat sangat antusias menyaksikan pemaparan dari UNY.

Penulis: Khairani Faizah