UNY Berpartisipasi pada Ajang ASEAN Higher Education Conference 2023

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta pada 24-26 Agustus 2023 mengikuti gelaran konferensi internasional dan pameran “ASEAN Higher Education Conference” (AHEC) 2023 di Gedung Merdeka dan Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. AHEC merupakan ajang kolaborasi perguruan tinggi se-ASEAN sebagai katalis dalam kemajuan regional.

Acara dibuka secara simbolis oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof. Nizam, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dan Wakil Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Prof. Dr. Arif Satria, M.Si.

Pada sambutannya Rektor Unpad Bandung Prof. Rina Indiastuti menyampaikan bahwa AHEC 2023 memiliki dua momentum, bagi Unpad yaitu sebagai rangkaian kegiatan dies dan sebagai upaya mendukung Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2023.

Education and Innovation Expo AHEC 2023, diikuti lebih dari 29 stan perguruan tinggi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tema kegiatan ini “Higher Education as the Epicentrum of Growth” dengan isu teknologi dan energi, kesehatan, lingkungan, pertanian, dan kebudayaan. Stand UNY nampak beda dengan yang lain, karena menempati 2 stand dengan produk=produk yang menarik.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku penanggung jawab kegiatan delegasi dari UNY menyampaikan produk yang dipamerkan semoga bermanfaat dan sukses. 

“UNY mengirim tim produk-produk untuk hilirisasi  kemudian hasil yang dimiliki atau yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dapat dirasakan oleh semua pihak masyarakat Indonesia. Sehingga hilirisasi ini menjadi nafas kita untuk mendesiminasikan berbagai produk yang ada termasuk juga untuk berkolaborasi dengan lintas perguruan tinggi baik dalam negeri maupun dunia khususnya negara yang tergabung dalam ASEAN,” kata Prof. Margana.

WR RKSIU berharap, “Semoga AHEC 2023 ini berhasil dan sukses untuk membawa UNY semakin mantap dan jaya dalam rangka uny UBD (universitas berkelas dunia) demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih wasalam.”

UNY mengirimkan produk hasil karya mahasiswa terbaik, diantaranya Bukata: Buntoro Karto tani, ‌Media pembelajaran AR “‌Video klip lagu Daerah sebagai branding desa wisata”, ‌Portal game edukasi berbasis kurikulum merdeka belajar dalam membangun resiliensi dan digital literasi siswa SD, SPD, Aastrobike, ‌sepeda cepat, ‌charlet karbon pembenah tanah, dan Belia skin care

Penulis: Asrofi
Editor: Sudaryono

IKU