TRAINING OF TRAINER BAGI INSTRUKTUR DAN TEKNISI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MAHASISWA BARU 2019

1
min read
A- A+
read

Bertempat di Laboratorium Komputer Basement Gedung Digital Library, Selasa (3/9) sebanyak 40 peserta mengikuti Training of Trainer (ToT) dalam rangka persiapan Pelaksanaan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi Mahasiswa Baru 2019. Pelatihan TIK bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan TIK, sehingga materi pelatihan tahun 2019 ini ditekankan pada penggunaan aplikasi internet sebagai media pembelajaran online dan sistem informasi pendukung pembelajaran dengan tidak meninggalkan aspek-aspek peraturan akademik yang harus dipahami oleh mahasiswa baru.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukanlah ToT ini. Kepala Devisi Pelatihan UPT TIK, Dr. phil. Rahmatul Irfan, S.T., M.T. menyampaikan bahwa semua instruktur dan teknisi harus sama persepsi tentang materi diberikan yang meliputi tiga bagian utama, yaitu tentang Layanan TIK UNY, Etika TIK dan Penulisan Karya Ilmiah, dan Layanan Perpustakaan UNY Berbasis TIK. Di samping itu harus bisa menfasilitasi pertanyaan kuis, ujian, dan pembuatan blog sehingga mahasiswa peserta TIK dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan TIK dengan baik dan benar, serta harapannya lulus.

Tugas TIK mulai saat ini sampai dengan hari H pelaksanaan pelatihan TIK adalah mempelajari materi di besmart, sehingga mahasiswa sejak awal sudah harus mengakses http://besmart.uny.ac.id/v2/ dan mengikuti kuliah online di cours Pelatihan TIK UNY.

Harapannya dengan ToT ini, Staf Ahli Bidang Akademik Dr. Siswanto mengatakan “Pelatihan TIK bagi mahasiswa baru 2019” nantinya dapat berjalan dengan lancar, mahasiswa nantinya mempunyai kemampuan beradaptasi dengan kegiatan akademik dan administrasi berbasis TIK sehingga dapat menunjang kesuksesan studinya. (Sdr).