Perkuat Silaturahmi, IKAPEN UNY Selenggarakan Halal Bihalal

1
min read
A- A+
read

Halal bihalal IKAPEN

Masih dalam rangka bulan Syawal, dimana kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk beribadah sebanyak-banyaknya. Bulan Syawal juga bisa menjadi waktu yang penting untuk merenungkan kebiasaan baik yang sudah ditanamkan selama bulan Ramadan. Syawal juga merupakan bulan pembuktian nilai-nilai takwa untuk membuktikan umat Islam mampu mempertahankan dan meningkatkan keimanannya yang tidak hanya diwaktu Ramadhan. Bulan Syawal ini dimanfaatkan juga oleh umat Islam untuk saling silaturahmi, salah satu keistimewaan bulan Syawal adalah untuk ajang silaturahmi dan saling memaafkan karena Syawal adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah. Sehubungan dengan itu, maka keluarga besar IKAPEN UNY menyelenggarakan acara halal bihalal dengan tema ‘Meningkatkan Taqwa, Menatap Dunia, Menggapai Surga’ dengan pembicara Drs. H. Purwana, M.Ag.

Acara yang bertempat di Auditorium UNY dihadiri oleh Rektor UNY, Prof. Sumaryanto serta para Wakil Rektor, para Dekan dan jajaran pimpinan lainya, Ketua IKAPEN yaitu Dr. sardiman, M.Pd., serta sejumlah anggota IKAPEN UNY. Ketua Panitia, Drs. Suwarna, M.Pd., mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Rektor UNY yang telah memberikan fasilitas serta pada segenap panitia yang telah menyukseskan hingga terselenggaranya kegiatan ini. “Hakekat Halal bihalal ini adalah sarana dimana kita  sebagai sesama manusia bisa saling iklas meminta maaf agar terbina hubungan baik antar sesame manusia sehingga nantinya kitab isa meninggal dalam keadaan husnul khotimah,” terang Suwarna.

Ketua IKAPEN UNY, Dr. Sardiman,M.Pd., dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa amal sholeh saja belum cukup jika kita ingin masuk surga tapi masih ada kesalahan yang belum termaafkan oleh orang lain, dengan adanya ajang halal bihalal ini semoga bisa menjadi ajang silaturahmi dan saling memaafkan. Rektor UNY memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan menyampaikan bahwa IKAPEN harus tetap kompak. Pada kesempatan ini Prof. Sumaryanto juga berjanji akan mengundang perwakilan IKAPEN untuk hadir dalam upacara Dies Natalis UNY ke- 59.

Hadir sebagai penceramah dalam acara ini yaitu Drs. H. Purwana, M.Ag., atau yang lebih dikenal dengan panggilan Syech Poer- Ji. Disampaikan oleh H. Purwana selama bulan Ramadan kita dianjurkan untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang tua, saudara, tetangga dan teman serta bersedekah kepada yang membutuhkan. Setelah bulan Ramadan usai maka jangan sampai kebiasaan-kebiasaan baik itu hilang. Ia juga memaparkan tentang bagaimana resep hidup bahagia yaitu diantaranya dengan menjalankan berbagai kebiasaan yang baik lainnya seperti memperbanyak aktivitas rohani, bersyukur, menemukan tujuan hidup, banyak bersosialisasi, melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan membantu orang yang membutuhkan lewat sedekah. H. Purwana juga menjelaskan bersedekah yang baik itu adalah dengan hanya mengharap Ridho Allah, bebas dari keraguan, diberikan kepada orang- orang yang benar-benar membutuhkan, memberikan yang terbaik dari apa yang kita punya, dan yang terpenting adalah ikhlas dalam memberi. Pada akhir ceramahnya H. Purwana mengingatkan para hadirin untuk selalu meningkatkan kualitas ibadahnya. “Perbaikilah ibadahmu maka Allah akan memperbaiki hidupmu,” pungkas H. Purwana.

Penulis: Khairani Faizah

Editor: Dedy Herdito