PENANDATANGANAN PERPANJANGAN NOTA KESEPAHAMAN KERJA SAMA ANTARA UNY DENGAN PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

1
min read
A- A+
read

UNY dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepakat untuk semakin memperkuat kerja sama di bidang pendidikan. Semangat ini diwujudkan dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman antara UNY dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 3 Februari 2020 di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Dalam acara ini, delegasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipimpin langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M. Turut serta dalam rombongan ini antara lain Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Biro Pemerintahan, Analis Perencanaan dan Kerja Sama, para Kabid di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta Perwakilan Kepala Sekolah SMA/SMK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, turut hadir mahasiswa kerja sama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang saat ini sedang menempuh studi S1 dan S2 di UNY.  Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. selaku Rektor UNY beserta jajaran pimpinan UNY lainnya secara langsung menyambut kedatangan delegasi dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan dalam sambutannya bahwa kunjungan ini adalah untuk memperpanjang MoU yang sebelumnya. “Saya sudah sampaikan ke Pak Soleh (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Beltung) agar MoU ini segera ditindaklanjuti dengan MoA,” papar Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M..  Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga berharap bahwa kerja sama ini nantinya tidak hanya terkait dengan program mahasiswa kerja sama yang disesuaikan dengan kebutuhan provinsi, namun juga pelatihan guru-guru, terutama kepala sekolah. Salah satu terobosan yang kini sedang dikembangkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) yang terkait dengan sekolah kejuruan. Terobosan ini tidak lepas dari perhatian  pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan kesempatan bagi sekolah dan siswa kejuruan untuk dapat belajar dan mendapatkan pengalaman kerja.

Menyambut paparan dari Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rektor UNY menyatakan bahwa UNY siap untuk berbagi pengalaman terkait pengelolaan unit-unit usaha  baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Terkait dengan pelaksanaan PPG Mandiri, UNY siap untuk melaksanakan sesuai  dengan koordinasi dengan Kementerian. “Saya berharap, karena UNY memiliki sekolah-sekolah mitra, jika memungkinkan sekalian dilanjutkan dengan kunjungan sehingga bisa diambil best practice yang nantinya bisa diterapkan di sekolah,” Kata Rektor UNY.  (Laksa)