PELAKSANAAN VISITASI ONLINE AQAS PADA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNY TAHUN 2021.

1
min read
A- A+
read

PELAKSANAAN VISITASI ONLINE AQAS PADA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNY TAHUN 2021.

Dalam rangka untuk memperoleh peringkat akreditasi internasional, Pusat Penjaminan Mutu LPMPP beserta dengan Bidang I UNY menyelenggarakan kegiatan Visitasi AQAS yang diselenggarakan dari tanggal 14 sampai dengan 17 Juni 2021. Empat program studi (prodi) yang mengikuti akreditasi ini adalah S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Applied Linguistics, and S3 Ilmu Pendidikan Bahasa. Proses persiapan mulai dari penyusunan dokumen evaluasi diri telah dilakukan sejak tahun 2020 lalu.

Rangkaian acara visitasi ini dimulai dengan penyamaan persepsi dan penyiapan akreditasi internasional AQAS pada hari Jumat, tanggal 11 Juni 2021 yang dihadiri oleh semua jajaran Pimpinan UNY, pihak yang akan diakreditasi, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Asesor Internal, Dosen dan pihak-pihak terkait yang mendukung kegiatan tersebut. Pada acara ini dijelaskan tentang gambaran dan teknis serta langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pelaksanaan visitasi AQAS.

Pada tanggal 14 Juni 2021 bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, acara dimulai dengan Welcome message dan diskusi dengan senior manajemen di UNY. Acara ini dihadiri oleh Para Pimpinan UNY dan Asesor dari Jerman yaitu Prof. Dr. Jennifer Schluer, Technical University Chemnitz, Faculty of Humanities; Prof. Dr. Laurenz Volkmann, Friedrich Schiller University Jena, Faculty of Arts; Mr. Eka Firmansyah, M. Pd., SMAN 14 Bandung, Indonesia (labour market representative); Ms. Elif Benli, Student of Linguistics at Heinrich Heine University Düsseldorf (student representative); Dr. Dorothee Groeger (AQAS); Patrick Heinzer (AQAS).

Para pihak menjelaskan tentang kebijakan dibidangnya masing-masing beserta implementasinya dan dari pihak asesor memberi pertanyaan seputar internasionalisasi lembaga dan employability lulusan. Kemudian acara dilanjutkan diskusi dengan pihak manajemen fakultas yang diselenggarakan di Ruang Seminar Fakultas Bahasa dan Seni.

Pada tanggal 15 Juni 2021 acara dilanjutkan dengan diskusi dengan para dosen S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris dilanjutkan diskusi dengan perwakilan dunia usaha dan dunia kerja yang memiliki kerjasama dengan keempat prodi.

Tanggal 16 Juni 2021, acara dimulai dengan diskusi mahasiswa, alumni dan asesor dan dilanjutkan diskusi dengan tim dosen S3 Ilmu Pendidikan Bahasa. Acara visitasi AQAS berakhir tanggal 17 Juni 2021 dan ditutup dengan sesi pemberian feedback dari para asesor untuk UNY. (Ema Rachmawati)