ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA SARJANA TERAPAN (D4)

1
min read
A- A+
read

ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA SARJANA TERAPAN (D4)

Program Studi Teknik Elektronika Sarjana Terapan (D4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Rabu – Kamis (28–29/07/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Syafrizal S., M.T. dari Politeknik Negeri Jakarta dan Eniman Yunus Syamsuddin, Ph.D. dari Institut Teknologi Bandung. AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO.

Rektor UNY menyatakan bahwa pengembangan pendidikan vokasi menjadi salah satu fokus utama UNY saat ini demi mewujudkan insan yang unggul, kreatif, inovatif, actual, mandiri dan cendikia. “Kami berusaha all out untuk mengoptimalkan prodi-prodi vokasi tidak hanya meningkatkan kapasitas SDM-nya namun juga mengakselerasi lab dan bengkel serta merevisi statuta dan OTK demi memastikan keunggulan pendidikan vokasi di UNY,” ujarnya

Prof. Sumaryanto meyakini kehadiran asosor pada kesempatan kali ini pasti akan banyak memberikan masukan-masukan untuk perkembangan Pendidikan vokasi di UNY khususnya di Program Studi Teknik Elektronika Sarjana Terapan. Ia berharap antara dokumen yang dikirimkan akan sinkron dengan proses asesmen lapangan. “Semoga tidak banyak deviasi yang muncul selama proses asessmen, pun kalo ada semoga hanya hal-hal minor yang dapat segera dilakukan perbaikan,” ujar Rektor UNY.

“Melalui momentum visitasi lapangan ini, tentu kami berharap kualitas layanan Tri dharma perguruan tinggi di Program Studi Teknik Elektronika Sarjana Terapan akan semakin meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya menyampaikan bahwa Program Studi Teknik Elektronika Sarjana Terapan (D4) merupakan metamosfosis dari D3 Teknik Elektronika berdasarkan lampiran Surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. B/185/C. Ca/KB.01.00/2019 tentang Penugasan Perubahan Program Studi Program Diploma III menjadi Sarjana Terapan di Perguruan Tinggi untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi terhadap tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. (hryo)