Wuling Motor Jalin Kerjasama Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

Kerjasama Wuling dan UNY dengan penandatanganan MOU

Wuling Motors menjalin kerjasama dengan UNY dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan sumber daya dan industri. Wujud kerjasama ini diresmikan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding oleh Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling serta Prof. Sumaryanto selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam sambutannya Rektor UNY mengatakan bahwa hal ini merupakan kerjasama yang bagus dan UNY siap bersinergi baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa maupun lembaganya. “Menurut hemat kami Fakultas Teknik kedepannya akan lebih hebat karena memiliki sumber daya manusia mumpuni dan fasilitas laboratoriumnya sinergi dengan Wuling yang akan lebih kredibel akuntabel dan berkualitas” kata Sumaryanto. Rektor mempersilakan pihak Wuling untuk mengemukakan apa yang diinginkan dengan kerjasama ini dan UNY akan mewujudkannya dengan prinsip saling menguntungkan atau win-win solution sebagai komitmen dengan mitra kerja.

Aftersales Director Wuling Maulana Hakim mengatakan kerjasama ini merupakan wujud dari program Wuling Bakti Pendidikan yang sudah berjalan selama satu tahun yang baru berfokus di sekolah kejuruan, untuk mencari teknisi bagi dealer-dealer. “Pada tahun ini kami bekerjasama dengan level yang lebih tinggi dengan harapan kerjasama dengan UNY ini bisa melakukan sejumlah pengembangan sepeti pelatihan, pengembangan trainer dan pengembangan aspek-aspek yang lain” kata Maulana Hakim. Kerjasama Wuling dengan Universitas Negeri Yogyakarta akan terus ditingkatkan dalam aspek-aspek yang lain sesuai dengan perkembangan selanjutnya. Wuling dan Universitas Negeri Yogyakarta akan terus bersinergi untuk saling mendukung dan memberikan masukan-masukan dalam rangka kemajuan dunia pendidikan dan industri. Maulana Hakim menginformasikan bahwa dalam waktu dekat Wuling akan mendevelop mobil listrik dan bisa sharing dengan UNY tentang hal itu, bagaimana after salesnya dan sebagainya. Wuling akan melakukan pengembangan di beberapa area bersama Universitas Negeri Yogyakarta, salah satu contohnya adalah pengembangan di lingkup pelatihan/training yang ada di Wuling. Pengembangan ini meliputi pengembangan sistem pelatihan, modul pelatihan, media pelatihan serta pengembangan trainer. Dengan pengembangan beberapa aspek ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada proses pelatihan/training di Wuling untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para teknisi di lapangan.

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Perencanaan dan Kerja Sama khususnya bidang Kemitraan Dalam Negeri UNY ini hadir juga Deputi Operational Manager Dealer Wilayah Jateng DIY Ronald Husada dan tim after sales Wuling Motors. Dari UNY hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dekan Fakultas Teknik, Kepala Biro UPK dan tim kelompok kerja dan kelompok teknis kemitraan dalam negeri. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Siswantoyo mengatakan bahwa UNY memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan oleh Wuling diantaranya sekolah vokasi. Selain itu UNY juga siap berkolaborasi dengan sumber daya manusia yang ada. Bahkan Siswantoyo juga menawarkan pada jajaran pimpinan Wuling Motors apabila ada staf yang berkenan studi lanjut dapat meneruskan kuliah di UNY dengan skema Rekognisi Pembelajaran Lampau yaitu suatu bentuk pengakuan secara akademik atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, pendidikan non-formal, pendidikan informal, dan/atau pengalaman kerjanya sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi pada jenjang pendidikan tinggi. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY pada agenda pembangunan berkelanjutan dalam bidang pendidikan bermutu dan kemitraan. (Dedy)