WORKSHOP REGISTER WEB OF SCIENCE JURNAL UNY

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP REGISTER WEB OF SCIENCE JURNAL UNY

Sampai dengan tahun 2021, UNY memiliki 89 jurnal yang tersebar di 7 fakultas, 2 Lembaga, dan Pascasarjana, di mana sampai bulan Maret 2021 ini, 55 di antaranya telah terakreditasi nasional atau terindeks Sinta (Science and Technology Index). Dari 55 jurnal yang sudah tarakreditasi, baru ada 1 jurnal yang berada peringkat 1 dan terindeks Scopus, 15 jurnal berada pada peringkat 2, 18 jurnal berada pada peringkat 3, 13 jurnal berada pada peringkat 4, dan 8 jurnal berada pada peringkat 5. Adapun jurnal UNY yang belum terakreditasi yaitu mencapai 34 jurnal. Sebagai upaya mewujudkan visi UNY menjadi world class university, Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah mempunyai peran yang vital dalam mendorong jurnal-jurnal UNY untuk meningkatkan kualitas pengelolaannya menuju terindeks SCOPUS dan Web of Science (WoS) dan bagi jurnal-jurnal yang belum terakreditasi agar dapat segera terakreditasi.

Untuk dapat menngindekskan WoS, langkah pertama yang harus dilakukan dahulu adalah melakukan registrasi di WOS. Registrasi ini membuka jalan agar bisa mengindekksan WoS untuk keseluruhan jurnal di UNY. Salah satu upaya ini, kegiatan pendampingan registrasi di WoS diperlukan. Hal ini mendorong agar jurnal-junal di UNY dapat terindeks WoS di masa mendatang.

Sabtu, 30 Oktober 2021, bertempat di Hotel Grand Ambarukmo Yogyakarta, Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) LPPM Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Workshop Register Web of Science Jurnal UNY. Workshop dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T  sebagai pimpinan rapat dengan salam dan bacaan Bismillah, dilanjutkan dengan Workshop Register Web of Science Jurnal UNY. Pada acara ini dihadiri oleh bapak/ibu dosen dilingkungan UNY. Dengan naras sumber Bp Eko Pramudya Laksana dari Universitas Negeri Malang dan dimoderatori oleh ibu Prof. Heri Retnawati sebgai Ketua Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah. Workshop diadakan secara luring dan daring ini, bp Eko Pramudya Laksana naras umber menjelaskan bagaimana agar jurnal ter-Submi dan terindeks SCOPUS dan Web of Science (WoS). Selain penjelasan juga diadakan tanya janya seputar jurnal. Acara ini berakhir pada pukul 13.00 WIB dan dilanjut secara daring. (Heri P)