Workshop Penguatan Wawasan Kerja Sama bersama Dinas Pendidikan Provinsi Bangka-Belitung

Dalam rangka menguatkan dan merealisasikan kerjasama antara UNY dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka Direktorat Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha (DKSIIU) UNY menyelenggarakan workshop bertemakan Penguatan Wawasan Kerja Sama dan Sistem Informasi bagi Kepala SMA, SMK, dan SLB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Kamis (18/7) di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Sugeng Mardiyono Sekolah Pascasarjana UNY.

Kegiatan workshop diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ervawi. Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan mengikuti studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, dan workshop ini sangat tepat untuk memotivasi Kepala  SMA, SMK, dan SLB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk meningkatkan kualitasnya dengan studi lanjut khususnya di UNY. Harapannya, setelah workshop ini peserta mempunyai gambaran secara jelas tentang prodi yang akan dipilih, sistem perkuliahannya, proses pendaftaran, sampai dengan nantinya karir maupun pembiayaan.

Sementara itu, Rektor UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. menyampaikan bahwa UNY menyambut baik kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Di samping kerjasama peningkatan kualitas SDM dengan studi lanjut, UNY juga siap berkolaborasi membuat master plan bidang pendidikan, penelitian kolaborasi, KKN, PK, dsb.

Sebelum dilanjutkan kegiatan inti workshop, sebelumnya dilakukan penandatanganan IA antara Direktur DKSIIU dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di bidang tridharma perguruan tinggi.

Workshop diisi empat narasumber yang berkompeten dengan dipandu oleh moderator Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha yaitu Ella Wulandari, Ph.D. Materi tentang Strategi peningkatan kerjasama dalam rangka peningkatan income generating disampaikan oleh Dr. Darmono, selaku Direktur Direktorat Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi, dan Usaha. Sedangkan Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Siswantoyo memberikan pentingnya growth mindset untuk transformasi inovasi.

Dari Unit Admisi PMB UNY menyampaikan tentang jalur dan mekanisme pendaftaran terutama program Rokognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang sangat diminati oleh peserta workshop. Bahkan pertanyaan tentang RPL ini sangat banyak, namun demikian Dr. Bambang Saptono selaku Kepala Unit Admisi menjelaskan secara jelas dan gamblang.

Workshop diakhiri dengan uraian tentang Profil Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) oleh Prof. Dr. Yudik Prasetyo selaku direktur DRPM. Banyak hal yang disampaikan, diantaranya tentang UNY’s Research Schemes in 2024 yaitu penelitian ecofriendly dan penelitian kolaborasi, hal ini cocok dilakukan dengan Dinas Pendidikan Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis
Sudaryono
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus