WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 SERI 2: MODEL PEMBELAJARAN KIMIA DAN FISIKA UNTUK SMA

2
min read
A- A+
read

Selama lebih dari tiga jam, pada hari Rabu, 24 Juni 2020 Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggaraan Workshop Daring Model Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19, untuk workshop ini adalah seri yang ke 2 dengan tema "Model Pembelajaran Bagi Guru Kimia dan Fisika untuk jenjang SMA".

Menurut Ketua LPMPP UNY Prof. Lantip Diat Prasojo, tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme para guru jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah, khususnya kompetensi pedagogik dalam menerapkan model pembelajaran di masa pandemic Covid 19. “Selain itu juga untuk meningkatkan ketersediaan sumber belajar digital tentang model pembelajaran daring yang mudah diakses para guru, sekaligus meningkatkan keunggulan, dan kreatifitas guru dalam menyusun RPP dalam menerapkan model pembelajaran di masa Pandemi dan di masa new normal” kata Lantip.

Sebagai keynote speaker Prof. Dr. Margana, M.A., M.Hum. menyampaikan bahwa untuk memiliki kembali kemandirian belajar dalam memanfaatkan revolusi industri 4.0, peserta workshop agar dapat memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada para peserta didik untuk belajar dan membangun kemandirian belajar di antara peserta, ide melalui pendekatan dari tahu heutagoci design dan cybergogy. Lebih lanjut Margana memberikan pencerahan peserta workshop dalam peningkatan kemampuan literasi membangun paradigma pembelajaran berbasis heutagocy dan juga bagaimana kita nanti harus kita mengembangkan materi-materi yang memiliki kebermaknaan. “Perubahan yang dipercepat oleh pandemi covid 19 ini seolah-olah memaksa kita sebagai pendidik untuk dapat cepat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi khususnya di bidang pembelajaran dan pendidikan bahkan kita harus diminta membiasakan diri menggunakan teknologi. Saat ini kita sudah sampai pada cybergogy ,” kata Margana.

Sebagai moderator Dr. Ratna Wardani, M.T, menyampaikan  “Semoga apa yang telah beliau sampaikan bisa menjadi energi baru bagi kita semua untuk bisa meningkatkan profesionalitas kita dalam pendidikan dan pembelajaran”.  Di samping itu, Ratna juga mengatakan bahwa peserta dapat megikuti sesi workshop paparan narasumber melalaui Youtube UNY Official dan tutorial dapat dilaksanakan melalui Glacier (Global Access Independence Learning) model-model pembelajaran via  https://glacier.uny.ac.id. Workshop kali ini diikuti oleh 122 peserta melalui aplikasi Zoom dan 44 peserta yang menggunakan fasilitas Youtube UNY Official.

Narasumber pertama, Dr. Pujianto, S.Pd., M.Pd. dosen Pendidikan Fisika ini menyampaikan salah satu model pembelajaran yang bisa diadopsi oleh teman-teman di era Covid-19 ini mengingat tidak ada semua model yang bisa diterapkan pada semua kondisi . Puji mengatakan “kalau ke-MIPA-an itu kan banyak sekali erat kaitannya dengan fenomena gejala alam atau mengungkap permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar tempat tinggal peserta didik sehingga kalau hanya menerapkan di salah satu model atau cenderung model itu terus yang digunakan dan Tidak Efektif hasilnya”.  Lebih lanjut Puji mengatakan “Beberapa pendapat yang menyatakan bahwa an ordinary teacher yang bisa tells kemudian kalau dia good teacher akan menjadi explains ikuti di situ kalau explain akan lebih baik lagi kalau dia menjadi excellent. Nanti bisa inspsires,  inspirasinya dia tidak hanya menyampaikan tidaknya menjelaskan tetapi dia juga mampu melakukan mendemonstrasikan dan bisa menginspirasi begitu, nah harapannya dari apa yang dirancang oleh teman-teman di sekolah nanti itu akan menginspirasi di tempat lain yang mengalami kendala atau permasalahan yang sama, sehingga akhir dari sesi ini nanti teman-teman diminta untuk melakukan rancangan pembelajaran yang akan diterapkan ketika ke-6 mengajar di kelas yang apa yang terdampak pandemi Covid-19 ini”.

Sedangkan narasumber kedua, Ibu Marfuatun, S.Pd.Si., M.Si. dosen jurusan pendidikan kimia UNY ini menyampaikan materi pembelajaran jarak jauh untuk pembelajaran kimia, meliputi metode pembelajaran baik melalui daring maupun luring dan strategi pembelajaran, sampai dengan memberi contoh RPP Flip learning dan contoh video aktivitas materi pembelajaran kimia, serta contoh virtual lab. (Sud).