WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU SD KELAS ATAS

1
min read
A- A+
read

WORKSHOP DARING MODEL PEMBELAJARAN BAGI GURU SD KELAS ATAS

Lagi, Pusat Inovasi Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Rabu, 5 Agustus 2020 menyelenggarakan kegiatan Workshop Daring Model Pembelajaran Bagi Guru dengan tema “Produktivitas Guru di Masa Pandemi Covid-19 Menuju New Normal”. Untuk saat ini sudah seri yang ke delapan yang ditujukan bagi Guru SD Kelas Atas.

Moderator dalam workshop ini Dr. Sunaryo Sunarto menyampaikan, “Tujuan workshop ini, yang pertama tidak lain adalah untuk meningkatkan profesional guru dari jenjang pendidikan PAUD sampai SMA/SMK khususnya peningkatan kompetensi pedagogik dalam menerapkan model-model pembelajaran pada masa Pandemi new normal.”  Sedangkan tujuan yang kedua, Sunaryo menambah, “meningkatkan ketersediaan sumber belajar digital tentang model  pembelajaran daring yang mudah diakses pada para guru,” jelas Sunarya.. Berikut disampaikan tujuan yang ketiga, adalah, “Meningkatkan keunggulan dan kreatifitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran dimasa pandemi dan new normal, “ imbuh Sunaryo.

Sebagai keynote speaker, Prof. Margana, M.Hum., M.A. secara panjang lebar menjelaskan dari konsep pedagogik, androgogik, kemudian heautagogic. Sedangkan model pembelajaran yang dijelaskan meliputi discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning.  Pada bagian akhir disampaikan tentang peeragogy, yaitu praktik pembelajaran yang menekankan pada  interaksi antar pembelajar atau hubungan mutual simbiosis antar pembelajar untuk mencapai tujuan belajar. Harapannya dapat mengembangkan kemandirian belajar untuk membangun kemandirian belajar diantara peserta didik sehingga  pendekatan, strategi, teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sesuai mata pelajaran yang diampu itu mengedepankan pengembangan diri dari peserta didik dengan mengedepankan basis peeragogy.

Margana berpesan kepada para peserta workshop, “tolong ibu/bapak untuk kerja cepat,kerja sehat, kerja cerdas dengan dilandasi dengan 4 i & s, i pertama ibadah, i kedua ikhlas, i ketiga istiqomah, dan i yang ke empat yaitu insentif bisa berupa gaji 13 dan lain-lain, sedangkan yang S-nya masuk SURGA.... Aamiin...” pungkas Margana.

Pada workshop hari ini, sebagai narasumber Dr. Wuri Wuryandini, M.Pd. menyampaikan materi pembelajaran jarak jauh di kelas tinggi, yang meliputi bagaimana guru berperan aktif membimbing dan mendidik di SD kelas tinggi. Kemudian menyampaikan juga tentang prinsip pembelajaran di Era New Normal, yang meliputi orientasi pada anak, adaptif, terpadu, pelibatan, umpan balik.

Rangkaian tentang pelaksanaan workshop ini dapat diakses ulang di laman youtube https://www.youtube.com/watch?v=IJRwldmjQ24  (Sud).