Wisuda UNY Digelar Dua Hari

Rektor mewisuda lulusan

Universitas Negeri Yogyakarta menggelar Upacara Wisuda Periode I Tahun Akademik 2024/2025 selama dua hari Sabtu dan Minggu (31/8-1/9) di GOR UNY Wisuda periode ini diikuti oleh 4.190 orang dan merupakan jumlah wisudawan terbesar sepanjang sejarah UNY. Wisudawan terdiri dari 96 orang Program Doktor, 826 orang Program Magister, 2.936 orang Program Sarjana, dan 332 orang Program Sarjana Terapan. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) meluluskan sebanyak 891 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) sebanyak 740 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 587 orang, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) sebanyak 397 orang, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 450 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) sebanyak 356 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 327 orang, Fakultas Vokasi (FV) sebanyak 332 orang, dan Sekolah Pascasarjana (SPs) sebanyak 110 orang.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat dan sukses bagi para wisudawan yang merupakan representasi Indonesia dari ujung timur hingga ujung barat. “Kami yakin bahwa yang diwisuda pada hari ini akan ada yang studi lanjut di UNY, baik ke jenjang S2 atau S3” ucap Rektor. UNY welcome dengan kehadiran calon mahasiswa baru, bahkan jenjang S2 dan S3 dibuka dua kali dalam setahun. Secara resmi para wisudawan telah diserahkan pada Ketua Umum DPP IKA Prof. Suyanto dengan harapan bisa mikul dhuwur mendhem jero, memuliakan orang tua, negara dan bangsa, instansi yang mengirim bahkan memuliakan almamaternya. Prosesi wisuda dilakukan pada Akhlisiah Rayhana, S.Pd program studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi mewakili wisudawan.

Arum Sekar Kedhaton, M.Pd mewakili wisudawan menyampaikan sambutan. Menurutnya menjadi wisudawan bukan hal yang mudah namun perlu perjuangan. “Selesainya tugas belajar hari ini bukan akhir dari perjalanan melainkan proses panjang dari sebuah perjuangan” kata mahasiswa S2 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik tersebut. Perjuangan sesungguhnya akan berlanjut pada masyarakat, proses perkuliahan menjadikan kuat, tangguh dan adaptif yang menjadi bekal menjalani kehidupan yang kompleks serta penuh tantangan, rintangan dan ketidakpastian. Pengalaman perkuliahan yang dihadapi juga beragam, tidak mulus, tidak mudah namun semua harus dilalui dengan semangat pantang menyerah. Harapannya dengan wisuda ini dapat menjadi insan paripurna yang tetap rendah hati.

Dari 4.190 orang wisudawan, terdapat 13 orang berpredikat summa cumlaude (Dengan Pujian Tertinggi) terdiri dari 5 orang Program Doktor, dan 8 orang Program Magister. Selain itu terdapat 2.546 wisudawan dengan predikat cumlaude (Dengan Pujian) dengan rincian 35 orang dari Program Doktor, 412 orang Program Magister, 1.825 orang Program Sarjana, dan 274 orang Program Sarjana Terapan (D-IV).

Wisudawan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4.00 dengan predikat summa cumlaude untuk Program Doktor diraih oleh Dr. Agung Wahyu Hermansyah dari Program Studi Ilmu Pendidikan S3 SPs dan untuk Program Magister dengan IPK 4,00 dengan predikat summa cumlaude diraih oleh Aziza Puspadewi Safitri, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar S2 FIKK. Wisudawan Sarjana dengan IPK tertinggi diraih oleh Elin Kartika, S.Pd. dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,95 dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 FIPP, sedangkan dari Program Sarjana Terapan IPK tertinggi diraih Dwi Purnama Sari, S.Tr.Ak. dari Program Studi Akuntansi D-IV FV dengan predikat cumlaude, IPK 3,96.

Wisudawan lulus tercepat untuk Program Doktor diraih Dr. Herlina Setyowati dengan masa studi 2,3 tahun dengan IPK 3,93 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa S3 FBSB. Program Magister diraih Naftalia Fany Payung, M.Pd. dengan masa studi 1,33 tahun, IPK 3,81 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S2 FBSB; untuk Program Sarjana diraih Nuryahya, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah S1 FIPP dengan masa studi 3,75 tahun, IPK 3,77 dengan predikat cumlaude; sedangkan Program Sarjana Terapan dengan masa studi 3,82 tahun diraih Saudari Wardah Alfalah, S.Tr.T. dengan IPK 3,74 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Teknik Elektronika D-IV FV.

Predikat Lulusan Termuda untuk Program Doktor diraih Dr. Rosynanda Nur Fauziah dengan predikat cumlaude dari Program Studi Ilmu Pendidikan S3 SPs dengan usia 27,33 tahun. Program Magister pada usia 22,61 tahun atas nama Jusman A. Sahmal, M.Pd. dengan IPK 3,87, dari Program Studi Manajemen Pendidikan S2 FIPP dengan predikat cumlaude; Program Sarjana usia 20,72 tahun diraih Devi Anggraini Setyowati, S.Pd. dengan IPK 3,79, dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa S1 FBSB, sedangkan untuk Program Sarjana Terapan usia 21,38 tahun diraih Melisa Kunti Ann’mah, S.Tr.T., dengan IPK 3,84, Program Studi Tata Boga D-IV FV dengan predikat cumlaude.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak