Visiting Professor S3 PTK, Hadirkan Assoc. Prof. Dr. Adhikari, B.P sebagai Narasumber

Yogyakarta, (24/2) Program Visiting Professor kembali diselenggarakan pada minggu ketiga bulan Februari dengan menghadirkan Assoc. Prof. Dr. Adhikari, B.P sebagai narasumber utama. Kegiatan yang berlangsung pada hari Senin ini dihadiri oleh 45 mahasiswa dari Program Studi S3 Pendidikan Teknologi & Kejuruan (PTK) Angkatan 2024 serta mahasiswa S2 dari berbagai program studi, termasuk PTK, Pendidikan Ekonomi dan Pembangunan (PEP), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Sejarah, dan Pendidikan Sains.

Dalam sesi diskusi akademik ini, Assoc. Prof. Dr. Adhikari, yang juga menjabat sebagai Research Director di Center for Educational Management (CEM) dan Chairman Saraswati Kendra Nepal, Oxford College of Engineering and Management, Nepal, menyampaikan materi bertajuk "Literature Review of Research Methods on Vocational Education." Dalam paparannya, beliau memberikan tinjauan komprehensif tentang berbagai metode penelitian yang digunakan dalam pendidikan vokasi, dengan menekankan pentingnya perumusan topik penelitian yang sistematis. Beliau menjelaskan bahwa proses penelitian dimulai dengan identifikasi aspek umum dalam pendidikan vokasi, dilanjutkan dengan pemilihan kata kunci yang relevan dan penyusunan pertanyaan penelitian yang mampu mengarahkan fokus studi. Salah satu teknik yang diperkenalkan dalam sesi ini adalah "writing bullseye," yang membantu penulis dalam menggambarkan proyek penelitian secara jelas dan menyusun kalimat problematis yang menggugah pemikiran.

Berbagai metode penelitian seperti mixed-methods, action research, dan pendekatan kualitatif juga dieksplorasi untuk menunjukkan bagaimana pendekatan tersebut mempengaruhi hasil pembelajaran dan kualitas pengajaran. Selain itu, integrasi teknologi dalam pendidikan vokasi menjadi salah satu bahasan utama dalam diskusi, di mana teknologi dipandang sebagai sarana untuk meningkatkan proses pembelajaran, memfasilitasi inovasi, serta memenuhi tuntutan industri yang terus berkembang.

Setelah pemaparan materi selama satu jam, sesi diskusi berlangsung interaktif dengan peserta menunjukkan minat yang besar terhadap metode penelitian mixed-methods. Para peserta tertarik dengan pendekatan ini karena mampu menggabungkan data kuantitatif berupa angka dan statistik dengan data kualitatif yang berbasis narasi dan konteks, sehingga memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh terhadap suatu fenomena penelitian.

Sebagai penutup acara, Prof. Moch. Bruri Triyono, selaku Koordinator Program Studi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, menyampaikan apresiasi kepada Assoc. Prof. Dr. Adhikari atas kesediaannya berbagi ilmu dan pengalaman dalam bidang penelitian pendidikan vokasi. Beliau juga mengungkapkan harapan agar di masa mendatang terdapat kesempatan bagi mahasiswa dan akademisi untuk mengunjungi Oxford College of Engineering and Management, Nepal, guna memperluas wawasan serta menjalin kerja sama akademik yang lebih erat.

Kegiatan Visiting Professor ini diharapkan dapat terus menjadi wadah inspiratif bagi mahasiswa dalam mengembangkan penelitian mereka serta meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

Penulis
Humas SPS
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif
IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional