Visiting Professor dan Sharing Session dengan Prof. Amy Cutter-Mackenzie-Knowles di Departemen Pendidikan IPA

1
min read
A- A+
read

Visiting profesor

Departemen Pendidikan IPA UNY menyelenggarakan kegiatan visiting professor dengan menghadirkan Prof. Amy Cutter-Mackenzie-Knowles dari Southern Cross University, Australia. Prof. Amy merupakan Profesor di bidang Sustainability, Environment and Education. Beliau juga merupakan Executive Dean for the Faculty of Education. Beliau juga menjabat sebagai Research Leader of the ‘Sustainability, Environment, the Arts in Education’ (SEAE) Research Cluster. Prof. Amy telah menerbitkan lebih dari 150 publikasi berkaitan dengan ontologies in/as nature through socioecological and more recently posthumanist theoretical orientations.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu, 7-9 Agustus 2023 bertempat di Ruang Seminar FMIPA UNY. Kegiatan diikuti oleh 92 mahasiswa semester 3 di Departemen Pendidikan IPA UNY, karena mahasiswa mendapatkan mata kuliah Ilmu Lingkungan, sehingga hal tersebut cocok dengan materi-materi yang dibawakan oleh Prof. Amy. Pada hari ke-1, mahasiswa belajar mengenai topik ekologi dan literasi ekologi. Selain berkesempatan untuk mengisi kuliah dengan mahasiswa di semester 3, pada hari ke-1, Prof. Amy juga berkesempatan untuk mengisi sesi sharing dengan dosen-dosen di Departemen Pendidikan IPA. Diskusi berlangsung meriah dengan topik sustainable education dan environmental education research opportunities.

Pada hari ke-2, mahasiswa diajak untuk belajar di luar kelas dan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan dan alam sekitar. Topik yang dibahas pada hari ke-2 ini berkaitan dengan Human Position in Their Environmental System and Its Problems serta Green Technology. Topik yang menjadi highlight pada hari ini adalah See, Hear, Feel, and Think dalam hal menghubungkan mahasiswa dengan lingkungan. Prof. Amy berfokus mengajar mahasiswa sebagai calon guru, sehingga Prof. Amy benar-benar menekankan mahasiswa harus mengenal lingkungan dengan baik, peduli dengan lingkungan, sehingga nantinya bisa membekalkan siswanya materi-materi berkaitan dengan lingkungan. Mahasiswa juga diajak untuk mengingat-ingat kembali saat kanak-kanak dulu kapan kali pertama berinteraksi dengan lingkungan. Selain diajak berinteraksi secara langsung dengan lingkungan, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melakukan presentasi di depan kelas.

Pada hari ke-3, Prof. Amy membawa objek langsung berupa air yang tercemar, karena topik pada hari ke-3 adalah Environmental Pollution. Mahasiswa diajak untuk berdiskusi mengenai apa saja jenis-jenis pencemaran, penyebab-penyebab lingkungan tercemar, serta bagaimana mengatasi lingkungan yang tercemar. Prof. Amy juga membawa real object berupa terrarium, mahasiswa diajak untuk mengidentifikasi komponen-komponen terrarium dan topik-topik apa saja yang bisa dibelajarkan menggunakan media tersebut. Mahasiswa sangat seneng selama mengikuti visiting professor, karena mendapat informasi baru terkait pemahaman lingkungan dari perspektif yang berbeda.

Penulis: Tyas

Editor: Dedy

 

IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus