USTP Filipina Jalin Kerjasama Dengan UNY

1
min read
A- A+
read

MOU dengan USTP

University of Science and Technology of Southern Philippines (USTP) menjalin kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta dalam beberapa bidang. Kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman secara daring, Selasa (19/4). Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Margana mewakili Rektor menyambut baik kerjasama ini dan diharapkan dapat menjangkau semua bidang terutama bidang pendidikan dan juga praktek mengajar. “UNY sudah banyak menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Filipina” kata Margana. Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini UNY menambah satu kemitraan lagi di Filipina. Kerjasama ini merupakan sebuah kesempatan untuk memperluas penyelesaian masalah tentang program akademik, sekaligus internasionalisasi institusi termasuk didalamnya program studi, mahasiswa, serta mobilitas dosen dan tenaga kependidikan. Margana juga memaparkan bahwa UNY mempunyai program double degree dengan Ataneo de Manila University, selanjutnya tahun 2017 UNY juga menggandeng Pangasinan State University untuk program magang. Harapannya setelah pendatanganan kesepakatan ini UNY dan USTP dapat bermitra dalam kegiatan joint research, joint publication, joint curriculum, visiting professor, transfer kredit, seminar dan konferensi dalam area pendidikan dan pelatihan guru.

Vice Chancelor Academic Affairs USTP-CDO, Dr. Amparo Vedua-Dinagsao mengatakan bahwa hari ini sangat bersejarah karena merupakan awal hubungan kemitraan antara USTP dan UNY sekaligus menjalin persahabatan. “Kerjasama ini tidak hanya berguna bagi kedua perguruan tinggi namun juga bagi kedua negara, siswa dan stakeholder lain” kata Amparo Vedua-Dinagsao. Kedepannya USTP dan UNY akan berbagi pengalaman serta budaya untuk mengetahui kekayaan tradisi masing-masing di kedua negara. Juga termasuk kegiatan visiting professor untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Amparo Vedua berharap dapat mengunjungi UNY begitu pula sebaliknya.

Menurut USTP System President Dr. Ambrosio B Culture II, Filipina membuka kesempatan kerjasama seluas-luasnya dengan pemerintah, industri dan akademisi. “Kegiatan ini merupakan kerjasama dua institusi yang memiliki visi yang sama dan kami percaya dengan kekuatan kolaborasi ini” kaya Ambrosio B Culture. Sebagai perguruan tinggi yang menuju global competitiveness, mencetak siswa dan peneliti yang handal USTP berpartisipasi dalam tantangan global dalam kesepakatan hari ini dengan membuka kerjasama bidang akademik untuk menciptakan ilmuwan di masa depan. Terimakasih pada UNY yang mempercayai USTP sebagai partner. Kerjasama ini dapat menumbuhkan perekonomian di kedua negara.

Universitas Sains dan Teknologi Filipina Selatan (USTP) adalah universitas negeri yang didirikan pada 16 Agustus 2016 berdasarkan Undang-Undang Republik 10919 melalui penggabungan Universitas Sains dan Teknologi Mindanao (HARUS) di Cagayan de Oro City, Misamis Oriental dan Sekolah Tinggi Pertanian dan Teknologi Negeri Misamis Oriental (MOSCAT) di Claveria, Misamis Oriental. Kedua kampus tersebut terletak di Mindanao Utara, yang menawarkan keuntungan lokasi yang strategis bagi institusi untuk melatih dan mengembangkan mahasiswa dari semua wilayah lain di Mindanao.

Kegiatan ini diinisiasi bidang perencanaan dan kerjasama khususnya bidang kerjasama luar negeri. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan dan kemitraan. (Dedy)

IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia