Upaya Peningkatan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa Melalui KUR Dan Kemudahan Akses Permodalan

1
min read
A- A+
read

narasumber seminar

LPPM Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI melalui Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis dan HKI menyelenggarakan seminar nasional dengan judul “ Upaya Peningkatan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa Melalui KUR Dan Kemudahan Akses Permodalan”, pada hari Selasa, 28 Juni 2022 di Gedung Pertemuan Digital Librabry UNY. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta bapak Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, yang dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya dari Kemenko Bidang Perekonomian RI kepada UNY untuk menyelenggarakan Seminar Nasioanl ini. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kita memang harus memiliki kewirausahaan yang kuat di berbagai sektor, agar kita punya pengalaman yang komprehensif dan tidak hanya hebat di teori tetapi prakteknya juga hebat. Sinergi dengan Kementerian ini harus terus kita tingkatkan.

Dalam acara Seminar Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta yang digelar secara luring dan daring dengan dihadiri lebih dari 200 mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan beserta stake holder. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai kaynote speech secara daring mengatakan bahwa semangat kewirausahaan harus dipupuk sejak awal atau sejak mahasiswa. Dengan adanya berbagai kebijakan yang berpihak kepada UMKM, para generasi muda dapat ikut antusias menjadi wirausaha dan berperan sebagai pencipta lapangan kerja.

“Program kewirausahaan yang diinisiasi oleh kampus, menjadi salah satu kunci keberhasilan penciptaan lapangan kerja yang berasal dari lingkungan universitas. Tentu diharapkan dapat memadukan ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk berinovasi membaca peluang, sehingga menghasilkan entrepreneur yang berkualitas,” ujar Menko Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, termasuk kepada kalangan civitas akademika, mengenai program pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai alternatif pembiayaan untuk memulai usaha.

“Dengan berwirausaha, para mahasiswa ataupun anak muda bisa menjadi game changer yang berkontribusi kepada pembangunan ekonomi Indonesia. Ini menjadi momentum kolaborasi antara Pemerintah dan civitas akademika untuk menciptakan SDM unggul dan juga bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan yang ada. UMKM bangkit, ekonomi terungkit,” tegas Menko Airlangga.

Seminar ini juga menghadirkan  Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Haryo Limanseto,   Dr.Iskandar Simorangkir, S.E, MA deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian RI sebagai pengantar diskusi, dan juga menghadirkan tiga narasumber yaitu Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus Ketua Pusat Studi Inovasi Inkubasi Bisnis dan HKI LPPM Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Nahiyah Jaidi Faraz, M.Pd., Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Srie Nurkyatsiwi, dan Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian Gede Edy Prasetya, dimoderatori oleh Analis Kebijakan Madya Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Satrio Aditomo, dan jajaran pimpinan di UNY. Acara selesai pada pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. (heri-lppm)