UNY TERIMA 1552 MAHASISWA BARU JALUR SNMPTN

1
min read
A- A+
read

UNY menerima sejumlah 1.552 mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN yang diumumkan pada Rabu (8/4). Mahasiswa baru UNY tersebut terdiri atas 531 orang jalur saintek dan 1.021 orang jalur sosial humaniora. Dari jumlah tersebut ada 472 calon mahasiswa yang mendapatkan KIP Kuliah. Menurut rilis yang ditandatangani Ketua LTMPT Mohammad Nasih, dalam SNMPTN tahun 2020 UNY menempati peringkat ke-9 dari 10 besar pendaftar PTN secara nasional dengan jumlah pendaftar 20.509 siswa, dengan demikian UNY menerima sekitar 7,5% dari pendaftar SNMPTN yang menetapkan UNY sebagai pilihan menempuh perkuliahan. Secara nasional jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 86 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia sebanyak 96.496 siswa. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari jumlah pendaftar sebanyak 489.601 siswa. Dari jumlah yang dinyatakan lulus di PTN tersebut termasuk 25.398 siswa dari peserta pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah), dengan total pendaftar KIP-Kuliah sejumlah 95.346.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa menegaskan bahwa calon mahasiswa baru UNY wajib mengisi data isian sosial ekonomi untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di laman http://ukt.uny.ac.id pada tanggal 8 s.d. 15 April 2020. “Apabila tidak mengisi sampai dengan tanggal tersebut akan dikenakan UKT tertinggi” tegasnya. Hasil verifikasi dan besaran UKT diumumkan pada tanggal 20 April 2020 di laman resmi UNY.

Calon mahasiswa UNY non KIP-Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) membayar UKT pada tanggal 20 April s.d. 6 Mei 2020 di Bank BTN, Bank BNI, Bank Mandiri Kantor Cabang/Kantor Kas seluruh Indonesia, atau Bank BPD DIY dengan menunjukkan nomor bukti pendaftaran SNMPTN Tahun 2020. Khusus untuk Bank BTN, Bank BNI, dan Bank Mandiri dapat dilakukan melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking. Biaya pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun, kecuali yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus SLTA atau yang sederajat.

Calon mahasiswa kemudian melakukan registrasi secara online melalui laman htti)s://registrasi.uny.ac.id pada tanggal 20 April s.d. 31 Mei 2020. Calon mahasiswa Non-KIP Kuliah menggunakan nomor pendaftaran SNMPTN dan PIN yang diperoleh setelah melakukan pembayaran UKT, sedangkan untuk calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah melakukan registrasi dengan menggunakan nomor KIP-Kuliah. Status definitif sebagai penerima KIP-Kuliah akan ditentukan setelah verifikasi.

Jadwal pencetakan KTM direncanakan akhir Juni 2020. Kepastian jadwal tersebut akan diumumkan kemudian dengan memperhatikan situasi dan kondisi terkait Covid-19. (Dedy)