UNY SIAP MEMAJUKAN PERSEPAKBOLAAN INDONESIA

1
min read
A- A+
read

UNY SIAP MEMAJUKAN PERSEPAKBOLAAN INDONESIA

Tujuh Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mempunyai komitmen tinggi untuk ikut serta dalam memajukan Sepakbola di Indonesia ikut serta dalam acara  “Seremonial Penandatanganan Kerja Sama Antara PSSI dengan Universitas”, pada Rabu 18 Agustus 2021.

Acara yang berlangsung secara daring via zoom meeting ini dihadiri oleh H. Mochammad Iriawan, S.H, M.H. ( Ketua Umum PSSI), Iwan Budianto (Wakil Ketua Umum PSSI), Yunus Nusi (Sekjen PSSI) beserta jajaran pengurus PSSI Lainya. Serta hadir para Rektor dari tujuh Universitas , yaitu Prof. Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd., M.A ( Universitas Pendidikan Inonesia),  Prof. Drs. H.Ganefri, M.Pd., Ph.D (Universitas Negeri Padang), Prof. Dr. Komarudin, M.Si ( Universitas Negeri Jakarta), Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes (Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes ( Universitas Negeri Surabaya), Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd (Universitas Negeri Malang) dan Dr. Dedi Supriadi,M.Pd, AIFO ( STKIP Pasundan).

Hadir secara luring di Ruang Sidang Utama UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes (Rektor UNY) , Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama), dan  Prof. Dr. Wawan. S. Suherman, M.Ed (Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan) didampingi para Wakil Dekan.

Ketua Umum PSSI, H. Mochamad Iriawan dalam sambutanya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi adanya acara penandatanganan kerja sama ini karena kedepanya diharapkan lewat Perguruan Tinggi bisa dicetak para pelatih dan pemain bola yang profesional, terlebih saat ini kondisi sepakbola di Indonesia masih sangat kekurangan pelatih.

‘’ Saat ini kita memiliki 5000 SSB (Sekolah Sepakbola) dan 943 Club sepakbola dengan jumlah pelatih hanya sekitar 7000 orang, tentu saja ini sangat tidak sebanding” papar Iriawan.

Iriawan juga mengucapkan terima kasih kepada perguruan tinggi yang sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mencetak para pelatih dan pemain sepakbola profesional demi memajukan sepakbola di Indonesia dan nantinya bisa lebih siap untuk bertanding di kancah internasional seperti Olimpiade yang akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang.

“ Dengan adanya Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Persepakbolaan Nasional, diharapkan semua pihak baik itu, Kemenpora dan para pelaku sepakbola bisa turut andil dalam memajukan sepakbola di tanah air, ” tambah Iriawan.

Rektor UNY Prof. Dr.Sumaryanto, M.Kes., dalam kesempatan ini mengatakan pihaknya sangat mendukung kerja sama tersebut, karena sadar betul akan pentingnya peran Perguruan Tinggi dalam dunia sepakbola di indonesia. Untuk itu, UNY memfasilitasi para Altlet Sepakbola untuk menempuh pendidikan setinggi- tingginya hingga meraih gelar Doktor (S3).

“Para Pemain bola diharapkan tidak hanya terampil dalam teknik permainan namun juga mampu berprestasi dalam bidang Akademik,” ungkap Sumaryanto.

Terdapat beberapa pemain Sepakbola U- 19 yang berada dibawah asuhan Indra Sjafri yang sudah menyelesaikan jenjang S1 dan sedang menempuh S2 di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) FIK UNY.

Beberapa Fasilitas di UNY juga siap untuk mendukung terciptanya para atlet yang profesional termasuk atlet sepakbola, fasilitas tersebut antara lain lapangan Atletik dan Sepakbola, Health and Sport Center (HSC), Gedung Olahraga (GOR), kolam renang dan beberapa fasilitas bertaraf internasional lainya.

“UNY juga akan lebih bersinergi dengan semua pihak terkait termasuk Asprov PSSI di semua Provinsi khususnya DIY,” pungkas Sumaryanto ( Khairani Faizah)